Rabu, 09 Maret 2011

Dijual Tanah - Tips Tepat Saat Membeli Tanah

Membeli tanah untuk membangun sebuah rumah memang sangat penting sekali kerana tanah tersebut yang nantinya akan didirikan sebuah rumah yang anda inginkan, saat ini banyak sekali penawaran di luar sana yang menawarkan dijual tanah murah lengkap dengan sertifikatnya, anda tak perlu bingung bila iungin membelinya, berikut ini ada beberapa tips untuk anda dalam membeli tanah:
  1. Jangan terburu-buru untuk membeli tanah, pelajari dan bandingkan harga tanah tersebut dengan harga tanah yang lain dengan kondisi yang hampir sama.
  2. Jangan membeli tanah yang baru dikavling karena harga tanah tersebut pasti sangat mahal.
  3. Kalau bisa carilah orang yang ingin menjual tanah karena kepepet karena harganya pasti lebih murah.
  4. Coba anda kira-kira kalau anda hendak menjual tanah tersebut 3 atau 4 tahun mendatang apakah harganya sudah naik minimal 15% dari harga awal. Kalau harganya masih sama jangan dibeli.
  5. Jangan membeli tanah yang berada di pinggir sungai, di bawah jalur listrik tekanan tinggi atau dekat pom bensin karena berbahaya bagi keselamatan keluarga anda. Pikirkan kenyamanan dan keselamatan keluarga anda.
  6. Cari tanah dengan posisi yang strategis seperti di persimpangan atau di jalan protokol.
  7. Jika anda kurang informasi hubungi agen tanah, tapi jangan mudah terkena rayuan, harus ada pertimbangan.
  8. Periksa kelengkapan surat tanah tersebut apakah akte atau sertifikat, saat jual beli minimal anda buat akte tanah tsb.
  9. Ingat membeli sangat mudah karena anda yang punya uang dan menjual sangatlah sulit karena anda butuh uang. Saat punya uang anda adalah bos.
  10. Jangan membeli tanah di daerah yang sudah lama/ pemukiman lama karena sebagai pendatang anda akan kurang dihargai. Belilah di daerah pemukiman baru maksimal usia 20 tahun.
  11. Periksa lingkungan masyarakat sekitar, karena lingkungan yang kurang baik bisa mempengaruhi keluarga anda.
Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda saat membeli tanah.

Bila ingin tanya jawab seputar perumahan: tanya jawab properti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar