Jumat, 25 Maret 2011

Aman Memilih Badan Sertifikasi




Jasa Audit - Memilih badan sertifikasi sebetulnya sama saja memilih pemasok jasa. Faktor-faktor yg harus anda pertimbangkan:

Masalah akreditasi
Akreditasi dapat dibilang sebagai pengakuan dari sertifikat yg dikeluarkan oleh badan sertifikasi. Utk memperoleh pengakuan ini, badan sertifikasi diaudit oleh badan akreditasi. Makin banyak badan akreditasi yg mengakui sertifikat yg dikeluarkan makin bagus. Sebetulnya akreditasi ganda itu tidak perlu, karena toh semua badan akreditasi memegang standar yg sama dari sumber yg sama (IOS). Tetapi yg berkembang sekarang seperti itu. Mungkin masalah kredibilitas dari badan akreditasi.

Anda bisa menanyakan ke badan sertifikasi yg bersangkutan “Akreditasinya dari mana saja?” sebagai pengangan, kalau diakreditasi oleh UKAS, itu bagus. Badan dari Inggris ini cukup dikenal secara International, sekali lagi, mungkin karena kredibilitasnya.
Seharusnya badan sertifikasi yg beroperasi di Indonesia juga diakreditasi oleh KAN (Komite akreditasi nasional) kepunyaan negara kita tercinta.

 Pengalaman perusahaan
Pengalaman perusahaan bisa dilihat dari daftar client badan sertifikasi tersebut. Siapa saja yg pernah memakai jasa badan sertifikasi tersebut?

Kompetensi personil
dalam hal ini Jasa Audit  yg dimiliki oleh badan sertifikasi. Ini faktor yg sangat penting. Saygnya kebanyakan perusahaan tidak terlalu memikirkan faktor ini waktu memilih badan sertifikasi. Anda harus menanyakan siapa saja Jasa Audit  yg akan mengaudit organisasi anda? Lalu anda minta Curriculum vitae Jasa Audit -Jasa Audit  tersebut. Lihat pendidikinnya, lihat pengalaman kerjanya, lihat jam terbangnya sebagai Jasa Audit .

Jasa Audit  yg baik adalah Jasa Audit  yg bisa menunjukkan kepada anda peluang-peluang perbaikan apa yg bisa dilakukan oleh perusahaan anda, demi keuntungan perusahaan anda. Dia ‘open minded’, fokus pada essensi, bukan hal-hal yg sepele.

Jasa Audit  yg tidak baik adalah Jasa Audit  yg hanya bisa menemukan kesalahan-kesalahan sepele, dia tidak open minded, dalam arti, dia tidak terbuka terhadap segala kemungkinan ‘kebenaran’ yg lain, selain ‘kebenaran’ menurup persepsinya. Ini bahaya. Bisa-bisa dia membuat anda harus melakukan sesuatu yg sebetulnya tidak tepat bagi perusahaan anda.

Kecerdasan, ketelitian, open minded dan pengalaman adalah faktor yg menurut saya sangat penting dalam memilih Jasa Audit . Utk menilai faktor tersebut, anda harus melihat dan berhadapan langsung dgn Jasa Audit nya. Caranya? Minta badan sertifikasi agar anda bertemu dulu dgn Jasa Audit  yg akan mengaudit perusahaan anda. Biasanya ini sulit. Kalu tidak bisa, anda bisa memilih badan sertifikasi lain, atau harus puas dgn hanya melihat CV-nya.

Mutu pelayanan
Mencakup kerapihan dalam penjadwalan, pelaporan dan aspek-aspek lain yg biasanya termasuk dalam mutu pelayanan seperti pemahaman terhadap kebutuhan anda, kecepatan dalam menanggapi kebutuhan dan lain-lain.

Ada badan sertifikasi yg membuat jadwal audit, tetapi mendekati hari H jadwal harus dirubah karena Jasa Audit -nya harus mengaudit ke tempat lain atau karena alasan lain. Ini menyebalkan dan anda tidak bisa menerima hal tersebut.



Sumber: ibrosys.com

Temukan Info Lain Seputar Jasa Audit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar