Selasa, 29 Maret 2011

Mencoba Wisata Kuliner di Jakarta

Kita tau di jakarta ini banyak tempat makan enak yang bertebaran di tiap lokasi dan hidangan apa pun bisa kita dapatkan dengan mudah di jakarta ini, Wisata kuliner pernah dipandang sebelah mata oleh wisatawan. Banyak yang menganggap wisata yang satu ini kurang bergengsi. Tapi beberapa tahun belakangan, wisata yang berhubungan dengan selera rasa dan perut ini, naik kelas. Peminatnya semakin banyak. Indikasinya bisa dilihat dari banyaknya majalah cetak, online, tayangan TV, maupun radio yang menampilkan objek-objek wisata kuliner dari berbagai tempat. Kehadiran milis para pencinta kuliner Indonsia, turut menggangkat jenis wisata satu ini.

Wisata kuliner pernah dipandang sebelah mata oleh wisatawan. Banyak yang menganggap wisata yang satu ini kurang bergengsi. Tapi beberapa tahun belakangan, wisata yang berhubungan dengan selera rasa dan perut ini, naik kelas. Peminatnya semakin banyak. Indikasinya bisa dilihat dari banyaknya majalah cetak, online, tayangan TV, maupun radio yang menampilkan objek-objek wisata kuliner dari berbagai tempat. Kehadiran milis para pencinta kuliner Indonsia, turut menggangkat jenis wisata satu ini.

Jakarta punya banyak tempat untuk berwisata kiliner. Biar tidak bingung, ikuti panduan berwisata kuliner di Jakarta berikut ini.

Pilih tempat wisata kuliner sesuai minat, selera, dan isi kantong Anda. Sebelum melangkah, cari informasi sebanyak mungkin, baik lewat media cetak, elektronik, online maupun lewat milis atau orang yang pernah datang ke objek wisata kuliner yang Anda ingin tuju.

Tanyakan bagaimana mencapai objek tersebut, apakah bisa dijangkau dengan kendaraan umum atau dengan sepeda motor saja. Berapa harga per porsinya, dan bagaimana citra rasanya. Jangan paksakan pergi ke objek wisata kuliner yang jauh, padahal waktu dan dana Anda terbatas.

Pilih saja objek wisata terdekat, kecuali Anda memang mempunyai waktu dan dana lebih untuk pergi berkelana mencari objek-objek wisata kuliner di setiap sudut Jakarta. Tempat berwisata kuliner di Jakarta beragam. Ada yang berbentuk kedai sederhana, pedagang kaki lima, restoran mewah baik yang berdiri sendiri maupun di dalam hotel berbintang. Lokasi lainnya menikmati jajanan pasar di pasar tradisional.

Bila Anda ingin mencoba makanan lesehan khas suatu daerah, terlebih dahulu tanyakan berapa harga per porsi, sebab biasanya pedagangnya jarang mencantumkan daftar harga menunya. Jangan ragu bertanya kepada pedagangnya untuk menanyakan ciri khas makanan daerah yang Anda nikmati. Kalau ingin mengetahui lebih jauh, tanyakan pula bahan dasar dan cara memasaknya. Siapa tahu Anda bisa mencobanya di rumah sepulang berwisata kuliner.

Kalau yang Anda datangi sebuah festival makanan tradisonal yang diikuti puluhan pedagang, sebaiknya datang lebih awal, sediakan uang lebih untuk membelinya, dan jangan makan dan minum terlalu banyak di satu stand, nanti tidak bisa mencicipi jajajan lainnya karena sudah kekenyangan.

Kenakan pakaian sesuai tempat kuliner yang Anda tuju. Kalau santai, gunakan saja pakaian kasual, Sebaiknya kalau tempatnya formil, ya berbusanalah yang agak resmi. Selamat berwisata kuliner di Jakarta.

Bila ingin bertanya seputar makanan: tanya jawab kuliner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar