Senin, 28 Maret 2011

Proses Membuat Batik Tulis





Baju Batik - Senang memakai baju batik tulis dan kini Anda tertarik untuk membuat batik sendiri? Atau anda sedang belajar membuat batik atau baju batik? Atau sekedar mencari informasi membuat batik? Berikut ini adalah cara untuk membuat batik. Tutorial ini adalah cara membuat batik tulis.

Peralatan yg diperlukan:

   1. Kain Mori (bias terbuat dari sutra, katun, atau campuran kain polyester)
   2. Pensil
   3. Canting (bias dikatakan ini adalah alat tulis batik)
   4. Gawangan (tempat sampiran kain ketika membatik)
   5. Lilin cair
   6. Panci kecil (untuk tempat lilin)
   7. Kompor kecil (untuk memanaskan lilin)
   8. Larutan pewarna

Berikut Adalah Tahapan-Tahapan Membuat Baju Batik Tulis:

·        Pertama, kita buat dahulu desain batik dgn menggunakan pensil. Desain batik ini disebut molani. Untuk pebatik yg “expert”, dia bisa membuat motif batik sendiri, tapi untuk pemula disarankan untuk mengikuti motif-motif umum yg telah ada saja dahulu.
·        Setelah pembuatan molani selesai, langkah selanjutnya adalah melukis dgn lilin cair dgn menggunakan canting dgn mengikuti pola yg tadi dibuat.
·        Tutup dgn lilin bagian-bagian yg akan tetap tidak berwarna. Gunakan canting pada bagian yg mendetail, dan gunakan kuas pada area yg besar.
·        Tahap keempat adalah proses pewarnaan dgn cara mencelupkan kain tersebut ke larutan pewarna tertentu.
·        Jemur kain yg telah dicelupkan tadi sampai kering.
·        Jika kita menginginkan beberapa warna pada batik yg kita buat, maka proses 3, 4, dan 5 bisa diulang beberapa kali tergantung jumlah warna yg kita inginkan.
·        Setelah itu adalah proses nglorot, dimana kain yg telah berubah warna tadi direbus dgn air panas. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan lilin sehingga motif yg telah digambar menjadi terlihat jelas.
·        Kain batik tadi tentu perlu dicuci supaya bersih, ini adalah proses terakhir dari pembuatan batik yaitu mencuci kemudian keringkan dgn cara dijemur.


Sumber: tokobajubatikonline.com

Temukan Info Lain Seputar Baju Batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar