Rabu, 30 Maret 2011

Cara Atasi Hama Kutu Putih Pada Adenium

Diantara pentakit yang menyerang Adenium adalah kutu putih yang berwujud seperti tepung (Mealy Bugs). Sebelum wabah ini menimpa tanamana saya, saya jadi ingat Seorang rekan Milis dari India yg menceritakan pengalamannya membasmi hama kutu putih dengan menggunakan campuran Air, Sabun Colek, Minyak Tanah dan Obat Pestisida

Menarik juga, karena biayanya murah dari pada kita harus menggunakan jasa pembasmi hama dan yang penting efektif! Yang Saya praktekkan adalah dengan langkah2 sbb:

1. Ambil sabun colek satu sendok makan lalu larutkan dalam kaleng susu bekas ukuran 900 gram. Gunakan air bersih sebanyak setengah kaleng susu tersebut.

2. Tambahkan minyak tanah (kerosene) sebanyak seperempat dari kaleng tersebut. (jadi perbandingan air dan minyak tanah adalah 2:1).

3. Karena saya tidak mempunyai pestisida, saya gunakan cairan pembunuh serangga (baygon) sebanyak 2 sendok makan.

4. Campur dan aduk hingga membentuk emulsi dan sabun tidak berbusa lagi. Dan sabun tidak menggumpal lagi. Hindari gumpalan sabun karena akan menyumbat botol sprayer. Tampak larutan seperti air cucian beras.

5. Masukkan cairan kedalam botol sprayer plastik (bisa dibeli di supermarket).

6. Semprotkan ke tanaman adenium anda, terutama bagian

bawah daun dimana hama kutu putih berkumpul. Jangan lupa, gulma sekitar tanaman harus disemprot juga agar menghindari serangan hama tersebut di kemudian hari.

7. Percobaan saya terbukti berhasil setelah satu minggu tidak ada kutu putih terlihat dibagian daun tanaman.

Temukan lebih banyak seputar Jasa pembasmi hama rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar