Kamis, 22 April 2010

Ragam Cuci Mobil

Hal paling mendasar dan paling mudah adalah mencuci mobil kita. Tetapi ternyata melalui pengamatan singkat  beberapa waktu ini, banyak sekali dari kita yang belum tahu apa-apa yang harus diperhatikan ketika kita mencuci mobil. Banyak dari kita memandang enteng bahwa cuci mobil. Padahal, dengan cuci mobil yang salah merupakan pintu awal kerusakan mobil kita.
Minimnya pengetahuan tentang cuci mobil ini juga ternyata juga dimilki oleh para workshop cuci mobil baik itu pro atau amatir, pinggir jala sampai kelas yang lebih tinggi.dalam pencucuian jangka panjang tentunya ini akan memperparah keadaan mobil itu sendiri yang menjadi scratch, kusam dan rusak.
Secara umum cuci mobil dibagi dua bagian yaitu automatic car wash dan manual car wash. Masing-masing dari mereka ini mempunyai grade, kualitas, tujuan dan hasil yang berbeda
Automatic Car Wash Cepat Dan Praktis
Ini adalah satu cara cepat mencuci mobil. Tujuannya jelas cepat dan praktis. Metodanya adalah otomatisasi pekerjaan yang tadinya dikerjakan oleh tangan manusia seperti membasuh, memberi shampoo, menyikat, mengeringkan dan mengelap.
Sebuah terowongan berisi rel otomatis yang berfungsi menggerakan badan mobil. Selanjutnya mobil dibasahi terlebih dahulu dengan menggunakan semprotan air bertekanan yang dilanjutkan dengan proses shampoo dan penggosokan / penyikatan bodi secara automatic dengan menggunakan sikat otomatis. Setelah itu asuk pada pengeringan dan pengelapan.
Pertanyaannya adalah seberapa bersih sistem otomatis ini. Cuci mobil otimatis ini memang mempunyai beberapa kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya adalah cepat dan berhasil membersihkan hingga 90% kotoran mobil. Tentu saja ini sangat cocok dengan kondisi kehidupan kota besar yang ingin serba cepat. Kekurangannya jelas dari sisi detail pekerjaan. Namun di beberapa tempat cuci otomatis, kekurangan ini sudah banyak
Manual Car Wash More Detail
Untuk metoda yang satu ini boleh dibilang merupakan teknologi tertua yang seumur dengan mobil itu sendiri. Memang harus diakui cuci manual lebih berefek bersih dan detail. Hingga saat ini memang belum ada teknologi yang bisa menyamai pekerjaan tangan manusia dalam urusan detail.
Beberapa keuntungan dari teknik manual ini adalah kita bisa dengan leluasa membersihkan bagian mana yang kita mau. Dibantu dengan high pressure washer, tentu akan semakin memaksimalkan pekerjaan cuci manual ini. Tetapi bukan berarti cara manual ini tidak menuai resiko sama sekali.
Pertama adalah kemungkinan high pressure washer merusak system anti karat mobil lantaran tekanan dan intensitas yang berlebihan. Dalam jangka panjang tertentu  akan merusak lapisan anti karat ini. Kedua adalah lamanya waktu “tempel” antara shampoo dan permukaan cat. Seperti kita tahu, bahwa cuci manual relative lebih lama dalam proses shampoo karena menggunakan tangan. Memang betul “terkesan” lebih bersih dan detail. Namun ingat bahwa tidak semua shampoo bersahabat dengan cat mobil, dan tidak semua mempunyai PH balance yang pas untuk cat mobil kita. Ini masih diperparah dengan kemungkinan krikil atau benda keras lainnya yang masuk kedalam spons. Jadi, cari cara yang aman untuk mencuci mobil dan hindari sinar matahri secara langsung.

http://www.info-automotive.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar