Jumat, 23 April 2010

Membangun Citra Bisnis Penyewaan Mobil

Membangun citra bisnis sewa mobil murah dan berkualitas, memerlukan penciptaan merek yang kuat. Caranya tidak berbeda dengan membangun sebuah rumah. Untuk memperoleh bangunan rumah yang kokoh, kita memerlukan fondasi yang kuat. Begitu juga dengan sebuah merek, membangun dan mengembangkan merek memerlukan fondasi yang kuat. Caranya adalah:
Memiliki posisioning merek yang tepat
Merek dapat diposisioningkan dengan berbagai cara yaitu dengan cara menempatkan secara spesifik posisi merek tersebut di benak pelanggan. Membangun posisioning merek adalah menempatkan semua aspek dari nilai suatu merek (termasuk manfaat fungsional seperti sewa mobil murah bersih dan terawat secara keseluruhan, mulai dari ban, mesin, interior), serta manfaat pelayanan seperti jaminan penanganan segera apabila terjadi kerusakan, kemudahan cara pembayaran, asuransi kecelakaan serta berbagai pelayanan kepuasan. Semua manfaat tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan secara konsisten sehingga selalu menjadi nomor satu dibenak pelanggan.
Untuk memperoleh posisioning yang tepat memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap produk yang bersangkutan, perusahaan, tingkat persaingan, kondisi pasar serta perubahan perilaku konsumen.
Memiliki nilai merek yang tepat
Semakin tepat merek diposisioningkan di benak pelanggan, maka merek tersebut akan semakin mudah bersaing. Nilai suatu merek juga mencerminkan ekuitas merek secara real sesuai dengan nilai pelanggannya. Untuk menggali nilai pelanggan berkaitan dengan penciptaan nilai suatu merek, diperlukan pemahaman karakteristik target pelanggan kita. Contohnya, dalam bisnis penyewaan mobil kita harus memahami siapa yang sering menggunakan mobil kita, bagaimana gaya hidupnya, untuk keperluan apa saja, berapa lama serta apa saja harapannya apabila ingin menyewa mobil. Semakin sesuai produk dan pelayanan yang kita berikan dengan nilai yang dimiliki pelanggan, maka akan semakin tinggi nilai merek bisnis penyewaan mobil yang kita miliki tersebut dimata mereka.
Memiliki Konsep yang tepat
Pengembangan konsep merupakan proses kreatif, karena berbeda dengan posisioning, konsep dapat berubah secara terus menerus sesuai dengan daur hidup produk yang bersangkutan. Konsep yang baik adalah dapat mengkomunikasikan semua elemen – elemen nilai suatu merek dan posisioning yang tepat, sehingga citra merek dapat terus menerus ditingkatkan.
Contohnya, sebagaimana banyak dilakukan oleh produsen otomotif. Setiap saat secara periodik mengeluarkan varian – varian baru dengan kualitas yang terus disempurnakan. Perusahaan ini secara terus menerus menciptakan tambahan nilai suatu merek kepada merek yang sudah ada. Jadi semua tindakan yang dilakukan terhadap merek yang bersangkutan merupakan upaya untuk membangun merek yang kuat.
Memiliki Perbedaan
Untuk membedakan produk dan pelayanan yang dihasilkan dengan pesaing, perusahaan perlu melakukan tambahan nilai - nilai personaliti pada masing-masing merek. Contohnya adalah sabun mandi kesehatan, sabun kecantikan, sabun mandi untuk bayi dan sebagainya. Personaliti yang melekat pada sabun tersebut dibuat agar pelanggan terlibat emosinya sehingga merasa lebih dekat dengan merek yang ditampilkan. Iklan yang ditampilkan juga cenderung menonjolkan personaliti kesehatan atau kelembutan kulit bayi.

http://fraimarketing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar