Senin, 23 Agustus 2010

Bagaimana Memilih Jenis Cat Mobil untuk Repaint



Repair cat mobil biasanya memerlukan biaya yang lumayan besar apalagi sekarang biasanya pihak bengkel menerapkan harga per panel sesuai dengan luas & kesulitan repair panel body nya. Mungkin harga sedikit mahal kalau kualitas hasil repaintnya memuaskan tidak akan jadi soal, yang perlu diperhatikan adalah material yang dipakai bengkel mobil untuk repaint, karena disini akan berpengaruh pada hasil repaint & keawetannya.

Jenis cat yang dipakai untuk repaint biasanya terdiri dari 3 macam :
- Cat Stoving [ kering dengan oven / bakar ].
- Cat Lacquer [ cepat kering tapi cat akan cepat kusam ].
- Cat Urethane [ kering dengan tambahan additive Hardener ].

Jenis cat stoving biasanya dipakai di bengkel bengkel modifikasi mobil yang mempunyai oven & pasti harganya sedikit lebih mahal, mungkin ini bisa kita pilih jika kita akan repaint total body karena hasil cat stoving akan lebih keras & lebih tahan terhadap goresan / scratch body.Jenis cat Lacquer kalo bisa kita hindari, karena walaupun lebih murah & repaint lebih cepat tapi hasilnya tidak awet & cepat kusam paling lama kuat ±1 ~ 2 tahun, sehingga jika kita ditawari bengkel cat dengan harga murah perlu dichek material yang digunakannya.Jenis cat Urethane merupakan alternatif untuk repaint dengan biaya agak murah & awet hasil repaintnya, karena jenis cat ini bisa kering ± 8 jam dengan ditambah additive Hardener. Kualitas hasil repaint dengan cat ini juga tidak kalah dengan cat oven yaitu lebih gloss dan tahan lama, yang berbeda mungkin hanya Hardness atau kekerasannya terhadap scratch / goresan.

Satu lagi yang perlu diperhatikan agar hasil repaint lebih gloss adalah bagaimana memilih cat view / clear yang dipakai untuk lapisan terakhirnya lebih baik memakai merk yang agak mahal yang biasanya sudah satu paket satu merk antara paint clear, hardener, & thinnernya.

Jadi kesimpulannya lebih baik kita belanja sendiri material untuk repaintnya & bengkel mobil hanya memungut biaya jasa pengecatannya sehingga kita tidak akan tertipu dengan pemakaian material cat yang murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar