Selasa, 20 Maret 2012

Cara Membuat Kerupuk Udang





Kerupuk Udang – Panganan yang satu ini memang sudah menjadi makanan khas bangsa Indonesia, hampir semua orang Indonesia pernah memakan dan menyukainya. Olahan yang satu ini terbilang terjangkau namun mempunyai cita rasa yang tinggi, sehingga cocok dimakan sebagai pendamping saat makan atau sekedar makanan cemilan.

Banyak variasi dan rasa dari olah yang satu ini, sebut saja kerupuk udang yang paling difavorit oleh hampir semua penikmat kerupuk. Cita rasa kerupuk udang yang gurih menjadi kenikmatan tersendiri saat memakannya.

Namun kini olah kerupuk udang ini banyak disalahgunakan  oleh oknum tak bertanggung jawab, pencampuran bahan pengawet berbahaya seperti penggunaan boraks pada kerupuk udang ini. Padahal untuk pembuatan semua jenis kerupuk sama sekali tidak memerlukan bahan pengawet dalam pembuatannya.

Alat Pembuat Kerupuk Udang
Untuk anda penikmat kerupuk tak ada salah untuk membuat sendiri olah makanana yang satu ini, disamping kesehatan yang terjamin anda juga bisa menjadikan sebagai bisnis sampingan atau bahkan bisnis utama anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan ialah udang sebagai bahan utama dan bahan-bahan tambahannya seperti tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih dan juga garam.

Sedangkan Alat-alat yang dibutuhkan untuk pembuatan dalam jumlah kecil tidak terlalu banyak dan dapat menggunakan alat dapur sederhana seperti baskom, tampah, cobek dan juga loyang.
Untuk mengenal lebih jauh Berikut tips dan cara pembuatannya


Bahan Pembuatan Kerupuk Udang
    Udang segar sebanyak 3/4 kg.
    Garam
    Tepung Tapioka
    Telur Ayam
    Bawang Putih
    Bawang Merah
    Bawang Daun
    Ketumbar

Alat Pembuatan Kerupuk Udang
    Panci
    Pisau
    Pengaduk
    Kompor
    Nampan atau Wadah Pengering

Proses Membuat Kerupuk Udang :
Semua Udang/Daging Ikan Ditumbuk Halus, Tambahkan Bumbu, Garam, Gula Dan Air Secukupnya. Lalu campur  Tepung Tapoka Dan Telur, Diaduk Rata Dan Adonan Padat/Kompak. Kemudian Adonan jadi dibentuk Bulat Dan Panjang Seperti  Lontong
Lalu Lontong Adonan Dikukus Sekitar 2 Jam, Setelah dirasa Cukup Matang, Diangkat Dan Dibiarkan Dingin. Kemudian Lontongan Diiris Tipis-tipis, setelah itu Irisan Dijemur Selama 2-3 Hari Sampai Kering

Terakhir Kerupuk Ikan Siap Digoreng, dan siap untuk disajikan.



Info Terkait:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar