Selasa, 13 Juli 2010

Tips & Trik Modifikasi Suspensi Untuk Mobil



Modifikasi mobil untuk sektor sistem suspensi atau kaki-kaki memang bersifat spesifik. Artinya, setiap tipe mobil berbeda dalam langkah untuk dimodifikasi di sistem suspensinya. Berikut tips modifikasi mobil ringan khusus sektor suspensi untuk beberapa tipe mobil populer.

1. Grand Livina
Suspensi Grand Livina cukup dioptimalkan dengan aplikasi Valen Damper saja, terutama jika digunakan untuk mengakomodasi penumpang secara penuh. Hal ini dimaksudkan agar suspensinya lebih dapat menahan beban sehingga suspensi tidak amblas yang menyebabkan ban mentok ke spakbor. Jika terdengar suara 'duk-duk' pada bagian kaki-kaki, kemungkinan itu adalah akibat dari karet per dekat dudukan mounting telah pecah. Untuk menghilangkannya bisa dengan cara mengganti karetnya atau bisa juga dengan mengganti per aftermarket merk Eibach untuk Avanza, bukan per yang originalnya.

2. All New Jazz
Anda cukup mengganti per standar dengan per aksesoris yang mempunyai kemampuan lebih dari pada aslinya. Bila masih dirasa kurang, maka dapat melanjutkan lagi dengan pemakaian strut bar, under brace.Sementara itu bila dengan kedua hal diatas masih dirasa kurang puas, maka disarankan untuk mengganti suspension kit secara keseluruhan dengan sistem adjustable. Perangkat suspensi tersebut memungkinkan anda untuk mengatur keras lembutnya perangkat peredam kejut tersebut.

3. Avanza / Xenia
Bantingan suspensi Avanza dan Xenia terkenal keras, ini memang dikarenakan per OEM disesuaikan untuk kapasitas daya angkut Avanza ataupun Xenia agar saat penumpang penuh (Full Loaded), suspensinya tidak mudah amblas. Sebagai solusinya, ada cara untuk mengoptimalkan suspensi dari kedua mobil tersebut, yaitu mengganti per OEM dengan per aftermarket yang berkarakter sedikit lebih lembut dengan bentuk spiral per yang tidak terlalu renggang atau menggunakan suspensi kit yang berjenis adjustable sehingga tingkat kekerasan dan ketinggiannya dapat diatur sesuai keinginan.

Banyak pengguna mobil Avanza dan Xenia yang mengganti suspensi originalnya dengan produk aftermarket yang lebih berkualitas, ada yang hanya mengganti suspensi belakangnya saja dan ada juga yang mengganti suspensi depan dan belakang sekaligus. Dipasaran telah banyak suspensi aftermarket berkualitas khusus untuk Avanza maupun Xenia, jadi mengganti suspensi hanya perlu waktu sebentar dan tidak perlu melakukan modifikasi pada bagian kaki-kaki, karena hanya tinggal plug 'n play.

4. Kijang Innova
Ada tiga cara untuk mengoptimalkan bantingan suspensi OEM agar lebih empuk, yaitu pertama, shock breaker menggunakan merk aftermarket, seperti Bilstein dan per keong tetap standar. Kedua, memakai shockbreaker standar dan menggunakan per keong aftermarket seperti merk Eibach dan yang ketiga adalah dengan cara subsitusi suspensi dari mobil merk lain, yaitu dengan memakai per depan dan belakang milik Mercy atau BMW, sedangkan shockbreaker tetap menggunakan yang standar.



http://www.solusimobil.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

1 komentar:

  1. thanks buat masukannya gan..salam kenal dari http://www.satriapermata.com/batu-akik

    BalasHapus