Jumat, 30 Juli 2010

Memodifikasi Mobil Menjadi Ceper

Ceper adalah salah satu aliran modifikasi mobil retro yg cukup banyak peminatnya di Indonesia dan di dunia.Prinsip dari aliran ceper ini adalah memperkecil angka “ground clearance” (jarak antara mobil dengan aspal). Dengan slogan “semakin rendah, semakin keren/gaul”, aliran modifikasi ini tidak pernah kekurangan peminat. Ada dua kepentingan yang dilakukan dengan style mobil retro ceper ini, yaitu untuk stabilitas dan untuk gaya.

ceper-datsunTapi menerapkan modifikasi seperti ini tidak dapat sembarangan dilakukan, karena salah-salah bisa menghilangkan kenyamanan atau bahkan faktor keselamatan juga bisa saja tergeser.Disamping kerugian yang lain seperti rusaknya bagian bawah mobil retro akibat bergesekan dengan polisi tidur, sulitnya proses spooring roda, berkurangnya kemampuan rem, dll.

Modifikasi mobil retro jenis ini juga dikenal di belahan dunia lain, dengan nama “Low Rider”. Asal muasal aliran ini adalah dari warga America keturunan Mexico, yang biasa disebut sebagai “Chicano”. Mereka menunjukkan identitas dirinya melalui mobil retro yang telah dimodifikasi ala Low Rider ini, dengan motto “Low and Slow” atau dalam istilah merekan disebut “Rajito y Suavecito”.

Ada beberapa macam cara agar kaki-kaki mobil retro bisa terlihat lebih ceper.

Metode Potong Per

ini merupakan alternatif yg paling murah, dan masih dapat mempertahankan kenyamanan karena gaya pegas (rebound) masih dapat dipertahankan walaupun ketinggiannya sudah berubah.

Adopsi Air Suspension

Air Suspension, menggunakan tabung dengan tekanan udara,cara ini mempunyai kelebihan karena ketinggian bisa diatur sesuai keinginan, sehingga sangat fleksibel untuk segala jenis kondisi jalan. Akan tetapi, peralatan untuk system ini sangat mahal, oleh sebab itu cara ini sebagian besar dipakai untuk keperluan kontes saja.

Sumber : mobilretro.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar