Selasa, 27 Juli 2010

Sel Otak Manusia Inspirasi Komputer Masa Depan



Tampaknya sel saraf manusia mengillhami para pemain industri teknologi informasi untuk menciptakan komputer Terbaru untuk masa depan.

Cara sel-sel saraf berkomunikasi satu sama lain lah yang diyakini akan ditiru untuk diterapkan di komputer terbaru generasi selanjutnya nanti.

Saat ini dilaporkan para peneliti mulai mencoba menerapkan cara sel-sel saraf ketika berbicara satu sama lain termasuk cara bagaimana mereka terbentuk.

Salah seorang ilmuwan kompter Thomas Wennekers dari Universitas Plymouth lah yang tengah mencoba mengembangkan komputer terbaru untuk masa depan dengan meniru persis mekanisme sel-sel saraf manusia di otak.

Menyelaraskan cara kerja komputer dengan mekanisme sel-sel saraf diyakini bisa meningkatkan kemampuan komputer terbaru memproses data visual dan audio. Tidak tertutup kemungkinan nantinya komputer akan dapat melihat dan mendengar dengan sendirinya, ketimbang hanya mengandalkan keberadaan sebuah sensor.

Memang jaringan sel saraf tiruan telah ada sejak 50 tahun silam. Namun diyakini jaringan tiruan tersebut belum meniru jaringan saraf secara mendetail.

"Kami ingin belajar dari biologi untuk menciptakan komputer masa depan. Sel-sel saraf di otak jauh lebih kompleks dibanding jaringan sel saraf tiruan yang telah ada," ungkap Thomas.

Diakuinya, sangat terbuka harapan bahwa hasil penelitiannya nanti lebih dari sekedar meningkatkan sensor jaringan komputer.

"Bahkan nantinya hasil penelitian akan membawa kita pada komputer yang cerdas, yakni komputer terbaru yang memiliki kemampuan berpikir dan mengambil keputusan sendiri," ungkapnya.

"Nantinya cara kita menggunakan komputer akan jauh berbeda," tambahnya.


http://www.mediaindonesia.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar