Kamis, 08 Juli 2010

10 Penyakit Dalam Keuangan



Berikut Kesalahan-kesalahan dalam menjaga keuangan

1. Gesek Kartu Kredit. Penggunaan kartu kredit Anda selalu sampai batas tertinggi dan tak pernah bisa lunas? Cara termudah adalah dengan melunasinya dengan pinjaman tanpa agunan (KTA) karena bungannya yang lebih kecil. Setelah lunas, segera tutup kartu kredit Anda. Kalau tidak, bisa-bisa Anda memakainya lagi, dan justru harus memabayar dua tagihan sekaligus, kartu kredit dan kredit tanpa agunan! Jangan pernah shopping tanpa menyiapkan budget. Ingin beli selimut,sepetu atau hairdryer? Bayar dengan uang yang telah disiapkan dan selalu tingal kartu kredit Anda di rumah. Usahakan membayar tagihan lebih dari pembayaran mimimum yang diminta. Lalu jika terpaksa menggunakan kredit, batasi hingga 20% dari gaji bersih Anda. Kalau tahu Anda tidak bisa mengendalikan kecanduan kartu kredit ini, mintalah kepada bank penerbitkartu kredit untuk menurunkan batas pinjaman tanpa agunan Anda. Jika ingin lebih santai, gunakan saja kartu debet.

2. Makan Siang Di Luar Tiap Hari. Kalau cuma dihitung seminggu atau sebulan, uang yang Anda keluarkan untuk makan siang mungkin bukan hal yang besar. Tapi coba hitung pengeluaran tersebut selama setahun. Mungkin baru akan terasa besarnya.

3. Merokok. Jika sulit untuk langsung menghentikan, secara bertahap mulailah mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap setiap hari, lalu cobalah permen pengganti rokok.


4. Selalu Membeli Barang Baru. Untuk mendapatkan barang-barang bagus dan berkualitas. Andatak selalu harus ke toko atau mal.Terkadang Anda akan menemukannya di pasar loak, iklan baris atau toko barang bekas.


5. Weekend di Mal. Awalnya sekedar ingin cuci mata dan nonton bioskop. Tapi ketika pulang Anda sibuk dengan tas belanjaan. Jalan-jalan di mal ketika weekend memang membutuhkan ‘iman’ yang kuat, karena kemungkinan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan, sangat besar sekali! So, don’t ever go to mall, unless you’re there for specific purpose!


6. Hobi Mahal. Setiap orang memiliki hobi dan ketertarikan masing-masing terhadap suat hal.Untuk itu, jangan mudah tergoda oleh ajakan dan dukungan teman komunitas dalam bereksplorasi dengan hobi Anda.

7. Barang Bermerek. Sebenarnya tidak masalah kalau gaji Anda cukup, tapi sayangnya kebanyakan dari kita tidak begitu.



8. Membawa Uang Tunai Terlalu Banyak. Jika dompet Anda gendut dipenuhi uang tunai, pasti Anda menjadi lebuh mudah membeli sesuatu, apalagi di tengah-tengah pertokoan yang sedang mengggelar big-sale. Anda akan terkejut menyadari berapa banyak uang yang bisa Anda hemat.

9. Bolak-Balik Ke Salon. Memanjakan diri di salon memang menyenangkan. Tapi kalau Anda bisa mempercantik diri sendiri di rumah akan lebih bisa menghemat. Awalnya, belilah conditioner berkualitas untuk memanjakan rambut tiap minggunya, lalu beli satu set alat perawatan kuku, hingga Anda bisa melakukan manicure padicure di rumah.

10. Memberi Hadiah Mahal. Tak perlu memberikan hadiah ulang tahun yang mahal kepada teman-teman. Selain akan menguras kantong, belum tentu mereka menyukainya. Kanapa tidak memberikan sesuatu yang lebih berarti? Misalnya foto Anda berdua dengan sahabat Anda tersebut, yang sudah dibingkai rapi.



Bebexbiroe.blospot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar