Selasa, 29 Januari 2013

Trik Perawatan Sepeda Kumbang

Sepeda Kumbang atau sepeda ontel memang barang antik yang patut dilestarikan karena keberadaannya sudah langka sepeda tersebut adalah kiriman langsung dari luar negeri karena jaman dahulu indonesia belum bisa memproduksi sepeda buatan sendiri kebanyakan di datangkan langsung dari luar negeri, untuk anda yang memiliki sepeda tersebut berarti anda beruntung dapat memilikinya, namun bagaimana cara perawatannya agar tetap bagus ? simak tips berikut ini:

Cuci bersih
Setelah onthel dipakai sebaiknya dicuci bersih hingga ke bagian-bagian terkecilnya. Ini ditempuh agar kotoran-kotoran yang berada dibagian tertentu tidak menghambat laju onthel saat digowes.

Keringkan
Usai dibersihkan, sebaiknya jangan langsung meletakkan onthel pada tempatnya. Tunggu sampai seluruh air yang membasahi onthel kering. Biar tidak terlalu lama menunggu, Anda dapat menggunakan kain untuk mengelap onthel agar cepat kering.

Beri oli
Memberi oli pada bagian-bagian tertentu semisal rantai, gir, as dan roda sangat membantu laju onthel ketika digowes. Oli untuk motor bisa digunakan onthel dengan catatan oli yang dipakai bukan bekas, melainkan oli yang benar-benar baru.

Cek setiap bagian
Mengecek seluruh bagian onthel sangat membantu perawatan roda tua tersebut. Dengan melakukan pengecekan pula, dapat menghindari onthelis dari resiko yang tidak diinginkan. Biasanya yang perlu mendapat perhatian  adalah baut-baut di onthel. Bila baut kendor, segera kencangkan.

Pompa ban
Peranan ban dalam kendaraan roda dua sangat penting. Pasalnya, jika ban tidak berisi angin menyebabkan onthel tidak jalan. Terlebih, bila onthelis ingin menggunakannya di momen-momen penting. Bisa-bisa mereka batal menghadiri acara tersebut. Dengan begitu melakukan perawatan di bagian ban harus pula diperhatikan, minimal satu minggu sekali ban onthel di pompa.

Ke bengkel
Bila Anda tidak dapat melakukan sendiri perawatan onthel, alternatif lain bisa ditempuh. Anda bisa pergi ke bengkel sepeda biasa untuk mengganti rantai, ban, pelor dan sebagainya. Rata-rata bengkel sepeda biasa bisa melakukan itu.

Mudah bukan cara perawatannya ?, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang barang antik



Temukan artikel terkait: Tips Perawatan Tas Branded

Tidak ada komentar:

Posting Komentar