Konsep Modif Motor Bebek Tua
Motor bebek yang sudah
lama dan umurnya cukup tua jaman bapak kita dulu mungkin sudah tidak
terawat lagi tapi apa bila kita beikan sentuhan untuk memperbaikinya
tentunya bisa menjadi barang antik yang bernilai tinggi bagaimana cara
memodifikasi motor bebek tua tersebut?, simak langkah berikut:
Langkah
pertama pastilah beli poros katup ( camsaft ). Sesudah itu kepala
silinder dibawa ke tukang bubut ( bengkel ) buat memperbesar lubang,
sesuai dengan besarnya bantalan beroda milik revo tadi.
Jikalau
dapat lubang tempat bantalan yang baru dipasang juga pelindung dari
metal tembaga. Ini jikalau ada. Bila tidak, dapat dibantu dengan
penambahan oil treatment jadi pelindung keausan. Dapat dibeli di toko
onderdil atau penjual oli.
Dengan kontruksi baru ini, motor honda
jenis lama milik anda telah sama juga dengan revo. Akselerasi yang
dihasilkan pun jadi cepat. Begitupun kecepatan maksimalnya. Terlebih
jikalau setting ( penyetelan ) pengapian dan bahan bakar sempurna.
Kurangi
lagi beban mesin agar rpm dapat meningkat. Caranya, crankshaft ( poros
engkol ), komponen penggerak sangat berat di mesin ini dibor bagian
lingkar penyeimbangan. Tiga lubang setiap lingkaran, jadi ada enam.
Namun janganlah lupa menyeimbangkan kembali di tukang bengkel agar
seimbang dan tidak menyebabkan getaran mesin yang mengganggu.
Putaran
mesin yang makin mudah ini sesuai dengan suplai bahan bakar agar tidak
tekor pada putaran tinggi. Alternatif pilihan ada dua, dengan
penggantian karburator. Dapat digunakan mempunyai honda 90z atau honda
bebek 90 cc. Sama juga. Tambahkan lagi dengan perangkat boost bottle
pada intake manifold dan karburator. Komponen berbentuk tabung alumunium
ini dapat dibeli di toko, yang buatan lokal juga bisa. Fungsinya
mempercepat akselerasi, mengikuti sistem yeis yang dibanggakan yamaha.
Apalagi semua motocross telah gunakan layaknya ini.
Modifikasi
yang ideal, pastilah mesti sesuai dengan medan. Terlebih pemakaian gear
yang mereduksi tenaga mesin agar efektif. Sebab bila salah perhitungan
akan berakibat sebaliknya. Motor jadi jadi tidak dapat lari.
Untuk
medan keras di balap motocross, dapat dipilih gabungan gear depan
berukuran 13 dengan 45 dibagian belakang. Gabungan ini menghasilkan
akselerasi cepat dengan sedikit mengorbankan kecepatan maksimum.
Jalur
biasa di jalur raya, dipilih baiknya gabungan 13 dengan 32 di belakang.
Walau tarikan agak lamban, tiap-tiap gigi percepatan dapat panjang
samapi didapat putaran rpm maksimum. Bermakna kecepatan maksimalnya
makin tinggi.
Semua modifikasi ini yang meliputi penggantian
poros katup, pengurangan bobot crankshaft, suplai bahan bakar plus
tambahan boost bottle dan reduksi tenaga yang sempurna. Jadinya honda
bebek jenis lama yang tambah lebih kencang daripada aslinya.
Demikian langkah memodifikasi motor bebek tuanya semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang gambar modifikasi motor
Temukan artikel terkait: Tips Memodif Motor Vega R
Tidak ada komentar:
Posting Komentar