Rabu, 20 Maret 2013

Cara Perawatan Telinga Yang Baik

Telinga sebagai indra pendengaran kadang mengalami gangguan berupa kurangnya pendengaran atau sakit pada telinga dll, oleh karena itu telinga juga perlu perawatan yang baik agar tetap berfungsi dengan baik dan sehat, berikut beberapa tips perawatannya:

    Janganlah mengorek kotoran telinga menggunakan cotton bud. Karena hal ini bukannya membersihkan kotoran, melainkan semakin mengotorkan telinga. Kotoran akan semakin masuk kedalam telinga. Telinga memiliki mekanisme sendiri yang secara otomatis akan mengeluarkan kotorannya. Bagi umat Islam berwudhu' merupakan perawatan terhadap telinga yang sempurna.

    Mengunyah makanan dengan baik juga sangat penting, karena gerakannya membantu dalam proses pengeluaran kotoran telinga. Untuk merasakan secara detail, cobalah mengunyah permen karet

    Sesekali cobalah melakukan terapi lilin, karena akan sangat membersihkan kotoran-kotoran yang ada ditelinga. Pelajari bagaimana cara melakukan terapi lilin, lalu anda bisa mencobanya sendiri dirumah.


Selain dari cara diatas, ane juga ambil beberapa tips dari artikel tetangga, berikut tips-tipsnya :

    Jangan pernah menggaruk telinga ketika terasa gatal. Rasa gatal bisa diakibatkan oleh eksim atau psoriasis. Segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan
    Rasa nyeri yang muncul bukan semata-mata karena telinga Anda bermasalah, tetapi bisa karena Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Tapi, saat Anda merasa nyeri di telinga, ada baiknya Anda konsultasikan pada dokter.
    Pendengaran Anda bisa berkurang karena faktor usia. Namun, jika usia bukan penyebabnya, segera konsultasikan kepada dokter. Pendengaran berkurang secara mendadak bisa karena kerusakan sel-sel rambut.
    Mendengarkan musik dengan keras dan dalam waktu yang lama dapat merusak sel-sel rambut. Akibatnya, pendengaran Anda pun lama-kelamaan berkurang.
    Saat melakukan perjalanan dengan pesawat pun telinga terkadang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa sakit itu, Anda bisa menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi.
    Jangan khawatir dengan perubahan warna kotoran telinga Anda. Tekstur dan warna dapat berbeda pada setiap orang. Bisa lembut atau keras, bisa berwarna oranye atau kecokelatan. Namun, jika sudah berwarna hijau dan kental, tandanya telinga Anda mengalami infeksi. Dan itu harus segera diobati.

Demikian tipsnya dalam merawat telingan yang baik semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang Kursus Salon



Temukan artikel terkait:  Tips Perawatan Kuku Yang Baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar