Selasa, 03 April 2012

Mengenal Mesin Jahit Berdasarkan Fungsi Pemakainnya





Mesin Jahit – Mesin jahit merupakan senjata utama bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia konveksi, dengan perekembangannya mesin jahit telah berkembang sesuai kebutuhannya, berbagai merk dan varian dari mesin jahit pun telah lahir, salah satunya adalah mesin jahit juki.

Dalam masalah oprasionalnya mesin jahit dikelompkan menjadi tiga kelompok yaitu: Mesin jahit mekanik atau oprasionalnya masih bersifat manual, Mesin jahit listrik dan terakhir mesin jahit computer.

Namun dalam segi karakter dan fungsinya mesin jahit terbagi menjadi beberapa tipe dan varian, berikut ini beberap tipe tersebut:
Untuk Mesin jahit jarum 1 atau single needle, mesin jahit ini ialah kebutuhan yang paling penting dalam dunia gamen atau konveksi pakaian. Contoh mesin jahit jarum 1: mesin jahit Juki DDL8300, YAMATA-FY5318-SM

Untuk Mesin jahit jarum 2 / double needle, terdapat terdapat berbagai mesin jahit jarum 2 diantaranya: Jarum dua standard, Jarum dua split, Jarum dua rantai. Misalnya adalah mesin jahit Yamata FY82, Pfaff       1246 dan mesin jahit Juki MH-1410D.

Untuk Mesin obras atau overlock, ini ialah mesin untuk membuat pengaman bahan kain agar tidak mudah terurai. Terdapat berbagai jenis mesin obras, benang 3, obras benang 4, obras benang 5, obras benang 6. misalnya mesin jahit Yamata FY747A.

Untuk Mesin pasang kancing, terdapat 2 tipe untuk mesin pasang kancing yaitu pasang kancing chainstitch dan pasang kancing lockstitch. Contoh mesin ini: mesin jahit Juki 372, Juki 373, Brother 913, 915 dan 917.

Untuk Mesin lubang kancing, merupakan salah satu mesin special di sector produksi garmen dan konveksi. Teknologi mesin lubang kancing JUKI adalah Computer controlled dan Bastingstitch system. Jahitan yang bisa mempertahankan bentuk lubang kancing selalu konstan adalah, active tension dan option long pressure foot. misalnya mesin jahit Juki LH-980.

Untuk Mesin zigzag, Mesin jahit yang menghasilkan jahitan zigzag. Ada dua jenis yakni, zigzag 2 step dan zigzag 3 step. misalnya mesin jahit Singer 1910, Singer 20U73.

Sumber: sweaterpolos.com


Info Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar