Rabu, 22 Desember 2010

Ini Dia Cara Memilih Perusahaan Asuransi




Ketika seseorang mau mengasuransikan harta bendanya, banyak yg bingung: perusahaan mana yg bonafid dan terpercaya. Tips-tips berikut ini bisa membantu Kamu dalam menemukan perusahaan asuransi yg tepat!

Utk membantu memilih perusahaan asuransi, dibawah ini kami utarakan beberapa acuan yg bisa digunakan. Acuan ini tentu saja tdk bersifat multak, melainkan sekedar wawasan.

1. Premi
Mari bandingkan dgn penawaran dri perusahaan Asuransi lainnya. Coba agar produk yg diminta sama kondisi dan persyaratannya, sehingga perbandingan yg dibuat lebih comparable.

2. Laporan keuangan
Jalan terbaik menganalisa kondisi perusahaan ialah lewat laporan keuangannya. hal yg perlu diperhatikan ialah kondisi underwriting dan operasional-nya. Perusahaan yg baik tentu saja menunjukkan profit pada keduanya.

Utk indonesia dpt dilihat pada laporan keuangan tahunan yg pasti dipublikasikan di berbagai media nasional atau dpt dilihat di website perusahaan masing masing.  Dalam
laporan tersebut akan memperlihatkan besarnya aset, income, profit, dan Risk Based Capital ( RBC ). 

Utk sederhananya, Kamu dpt melihat berapa besar RBC dan apakah RBC tsb sudah melebihi dripada ketentuan RBC pemerintah yaitu 120 %.  Jumlah RBC yg optimum akan menentukan besarnya efektifitas perusahaan dalam mengelola keuangan dan investasinya, karena RBC yg sangat besar akan menunjukan besarnya ketersediaan dana cadangan yg parkir utk mengantisipasi resiko bila terjadi klaim atau masih sangat kecilnya jumlah potensi klaim dibandingkan modal yg tersedia. Sedangkan RBC yg terlalu kecil mendekati batas ketentuan 120 % akan menunjukan rendahnya kemampuan

3. Manajemen
Orang-orang yg duduk di posisi manajemen perusahaan, bisa juga dipakai utk menilai kredibilitas suatu perusahaan asuransi.

Petunjuk lain ialah perusahaan reasuransi yg mendukung perusahaan tersebut. Perusahaan reasuransi ialah perusahaan yg memberi jasa dalam penanggulangan ulang terhadap risiko yg dihadapi oleh perusahaan asuransi.

4.  layanan customer service
layanan customer service merupakan perwakilan dri sekian banyak layanan yg nantinya diterima customer.  Utk  maksud mencari informasi dan pembuktian, sebaiknya Kamu datang langsung ke kantor pusat menemui front office atau paling tdk Kamu coba menghubungi telepon
hotline servicenya.

5. Broker (Pialang) asuransi
Perusahaan pialang ialah perusahaan yg memberikan jasa keperantaraan dalam penutupan dan penyelesaian ganti rugi asuransi dgn bertindak utk kepentingan tertanggung.

6. Pemeringkatan yg dilakukan majalah
Pemeringkatan ini bisa juga dijadikan acuan awal dalam mempertimbangkan perusahaan asuransi bonafit.

7. Usia Perusahaan.
Umur Perusahaan  Akan mencerminkan komitmen dan integritas perusahaan
yg dpt bertahan melewati berbagai krisis ekonomi global ataupun
permasalahan besar lainnya.

Sumber: blog.keuanganpribadi.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar