Senin, 27 Desember 2010

Hati-hati Dalam Memilih Lembaga Bimbingan Belajar



Mengenai alasan siswa dan orang tua memilih untuk mengikuti sesi di lembaga Bimbingan Belajar, saya akan membagi tips tentang bagaimana memilih lembaga bimbingan belajar yg sesuai dgn kebutuhan putra/putri kita.

Tidak ada salahnya bila kita melakukan survey kecil-kecilan sebelum menentukan lembaga bimbingan belajar mana yg akan kita pilih. Mintalah brosur atau carilah iklan tentang lembaga bimbingan belajar itu. Akan lebih baik lagi bila kita mendapatkan testimoni dari (mantan) pengguna jasa bimbingan belajar tersebut. Informasi utama yg perlu diketahui diantara adalah:

Ø            Jasa pengajaran mata pelajaran apa saja yg ditawarkan. Tanyakan juga apakah biaya yg dimaksud sudah termasuk dgn materi modul dan materi serta kesempatan mengikuti try-out (bila putra/ putri kita akan mengikuti ujian nasional),

Ø            Besaran jumlah peserta per kelas. Apakah pengajaran dilakukan dalam kelas terbatas (3 sampai 5 orangkah) atau kelas besar semacam kuliah umum. Jumlah peserta per kelas tentu akan mempengaruhi besarnya perhatian dan intensitas interaksi peserta dgn pengajarnya. Tanyakan pula fasilitas pendukung pengajaran dan metode pengajaran.

Ø            Reputasi lembaga tersebut terutama dari aspek komitmen pengajarnya. Soal reputasi bahwa pengajar merupakan lulusan sekolah favorit atau kuliah di universitas ternama, saya pikir itu hal yg bersifat subyektif. Saya pribadi lebih menimbang berat hal absensi pengajar atau sesi yg konsisten, bukan dari universitas mana yg bersangkutan berasal. Sesi yg sudah dijadwalkan seharusnya tetap berjalan meskipun pengajar mata pelajaran tersebut absen. Ini artinya sang pengelola lembaga memiliki komitmen yg tinggi terhadap aspek pelayanan. Faktor berikutnya adalah waktu belajar. Hal ini untuk menghindari ketidaktersediaan sesi yg dibutuhkan karena tidak sesuai dgn jadwal kepulangan putra/ putri kita. Sebelum mendaftar, mintalah jadwal sesi-sesi yg ada yg disesuaikan dgn kebutuhan. Hal ini penting dilakukan terutama bila putra/ putri kita telah memiliki jadwal tambahan lain setelah pulang sekolah. Biaya juga dapat menjadi faktor penentu pemilihan sebuah lembaga bimbingan belajar. Semakin banyak dana yg tersedia maka akan semakin besar kesempatan kita untuk memilih lembaga mana yg tersesuai. Meski hal ini tidak selalu berarti bahwa lembaga bimbingan belajar yg mahal akan lebih berkualitas. Faktor terakhir adalah faktor kedekatan lokasi sekolah atau rumah dgn lembaga bimbingan belajar. Untuk sebagian besar orang tua,

faktor keamanan menjadi prioritas utama. Bila pun lokasi lembaga bimbingan belajar yg ada cukup jauh, persiapkan putra/ putri kita secara finansial (misalnya dgn memberikan uang saku secukupnya atau memesan ojek langganan) dan secara fisik (berhubung yg bersangkutan tidak dapat pulang ke rumah sebelum belajar, ada baiknya disediakan baju ganti atau bekal secukupnya).

Saya yakin masih banyak lagi faktor-faktor lain yg dipertimbangkan dalam memilih lembaga bimbingan belajar. Faktor apalagi yg menjadi pertimbangan Anda?

Sumber: indonesiaeducate.org


Temukan Info Lain Seputar Tempat Kursus 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar