Selasa, 01 September 2015

Mesin Bubut dan Jenis – Jenis Berdasar Prinsip Kerjanya




Apakah anda merupakan salah satu pelajar maupun mahasiswa yang menempuh pendidikan pada jurusan teknik mesin? Apakah anda asing dengan mesin bubut? Tentu saja bukan sesuatu yang aneh ketika mendengar kata tersebut. Mesin tersebut sudah sangat populer dikalangan ahli permesinan, karena semua pasti mempelajarinya sebagai pokok pembelajaran permesinan. Dalam memainkan mesin tersebut tidak lah asal – asalan, ada cara yang sudah disusun oleh para ahli agar sesuai dengan sebagaimana mestinya, sesuai buku petunjuk pada saat melakukan pembelian pertama. Lathe machine yang merupakan istilah lainnya secara inggris ini telah bertransformasi sejak dulu pertama kali dibuat hingga sekarang. Namun kesalahan yang fatal adalah banyak orang yang masih merasa kurang informasi soal jenis bubut jika dilihat dari prinsip – prinsip kerjanya yang begitu kompleks sekali. Dengan demikian agar tidak terulang kembali kesalahan dalam menentukan jenis bubut yang akan dipakai alangkah baiknya simak paragraf berikutnya.


Apa saja jenis – jenis dari mesin  - mesin bubut ini yang jika dilihat dari aspek cara kerjanya yang berbeda – beda, lihat penjelasannya dibawah ini :


  • ·         Bubut centre lathe
Pada umumnya bubut bekerja secar horisontal, tetapi lain dengan tipe bubut centre lathe yang mana proses pengerjaannya secara vertikal. Anda mesti memegang gagang yang ada pada mesin itu dengan kuat karena daya yang dikeluarkan terbilang cukup kuat. Hati – hati saat bekerja adalah aspek nomor satu yang mesti ditegaskan. Tipe centre lathe menjadi tipe yang umum dipakai orang – orang dalam proses produksi barang – barang berbau mesin.

  • ·         Bubut sabuk
Mesin yang mengenakan sabuk sebagai salah satu bantuan untuk proses pembubutan dan penghasilan produk ini jelas akan sangat membantu sekali tiap detil prosedurnya. Sayatan demi sayatan akan terbentuk yang akhirnya seperti semacam ulir. Bubut sabuk ini diawali dengan putaran dari poros ulir yang lama kelamaan akan membuat sebuah gerak translasi menerus.

  • ·         Bubut boring milling
Sementara bubut yang ketiga yaitu boring milling sangat direkomendasikan dalam pengerjaan skala besar. Mengapa demikian? Bubut boring milling dapat bekerja secara otomatis, hanya saja saat pemasangan rangka dan pemasukan barang yang akan diproduksi saja yang manual. Meskipun begitu, produksi skala besar memakai boring milling sangat disarankan sekali. Bisa digunakan oleh satu orang saja per mesinnya supaya lebih irit karyawan.

Ketiga mesin bubut diatas adalah jenis yang melihat dari sisi prinsip kerja bubut yang dapat dibaca dengan jelas sehingga kalian para pembeli tidak salah pilih barang. Diharapkan dari bacaan diatas kalian semua jadi paham terkait bermacam – macam tipe mesin bubut terutama berdasarkan prinsip atau cara kerjanya. Demikian saja penjelasan singkat artikel ini, semoga bermanfaat buat kalian semua yang ingin mengambil satu jenis tipe bubut diatas untuk keperluan pribadi maupun kebutuhan pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar