Rabu, 25 Februari 2015

Fungsi mesin milling berdasarkan jenis pisaunya

fungsi mesin milling - Mesin milling merupakan salah satu mesin pemotong benda kerja yang paling modern dan mutakhir saat ini, beraneka maca jenis benda kerja dapat di potong dengan berbagai profil/bentuk yang di sesuaikan oleh keinginan sang operator, tetapi tahukah anda jika pemotong pada mesin milling sendiri mempunyai jenis yang berbeda-beda satu sama lain, karena pada hakikatnya banyak benda kerja di bentuk berdasarkan pesanan atau bentuk yang di inginkan konsumen. Oke kali ini kita akan sedikit membahas mengenai jenis-jenis pisau (cutter) pada mesin milling.

  • Pisau Silindris : Sesuai namanya pisau jenis ini bisa digunakan sebagai pemotong dan mampu menghasilkan hasil potongan dengan permukaan horizontal dan dapat di gunakan untuk jenis pengerjaan lebar dan berat.
  • Pisau Muka / Sisi : jenis pisau ini memiliki gigi potong di kedua sisinya, biasanya di gunakan untuk pemotongan dengan bentuk rata, kotak,hexagonal,dll. Pemotongannya sendiri berdasarkan ukuran benda kerja, gigi pisau di buat terpisah dan di masukan ke dalam badan pisau. Dengan bentuk seperti ini maka bisa di tebak bahwa untuk pergantian pisau akan jauh lebih mudah jika mengalami kerusakan.
  • Pisau Sloting : Pisau ini sangat tepat di gunakan untuk memotong celah dan alur pasak,pisau ini hanya memiliki gigi di bagian kelilinganya saja
  • Pisau Metal Sliting Saw : pisau ini biasa di gunakan untuk memotong benda kerja dengan kedalaman celah 1mm-5mm ,dan ketipisan pada bagian tengah lebih tipis dari bagian tepinya.
  • Pisau Frais Ujung : Pisau ini mempunyai ukuran diameter 4 – 40 mm
  • Pisau Shell Mill : Cocok untuk pemotongan dengan mata bor
  • Pisau Tee Slot Cutter : Pisau ini di gunakan untuk frais celah awal. Suatu celah atau alur harus di buat pada benda kerja sebelum pisau ini di gunakan.
Nah berikut ini adalah sedikit gambaran ,mengenai jenis pisau yang di sebutkan antara lain:(a) Pisau mantel, (b) Pisau sudut tunggal dan sudut ganda, (c) Pisau roda gigi, (d) Pisau alur, (e) Pisau sisi muka, (f) Pisau gergaji, (g) Pisau alur T, (h) Pisau jari 

 Nah demikianlah beraneka jenis fungsi mesin milling berdasarkan jenis pisaunya, semoga berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar