Senin, 20 Oktober 2014

Wah Masakan UKM Indonesia Masuk Ke Dalam Speciality Food Di Amerika



Kemasan UKM – Indonesia kali ini boleh saja berbangga hati, pasalnya produk makanan dan minuman Usaha kecil dan menengah asal tanah air sudab banyak yang masuk pasar Pantai Timur Amerika dan New York! Entah bagaimana caranya produk indonesia bisa di terima sangat baik oleh masyarakat negeri Paman Sam tersebut, terbilang istimewa dan termasuk Speciality Food bahkan.. Produk-produk yang mennarik perhatian konsumen AS antara lain seperti Sambal, Kecap, Vanili, Kluwek serta beberapa bumbu racikan khas tanah air seperti bumbu gulai, nasi goreng, pecel, dll. Sedari dulu makanan indonesia sendiri memang bisa dibilang merupakan makanan yang sangat unik dan orisinil, hal ini terlihat dari karateristik masakan dan bumbu orang indonesia yang di latari oleh budaya dan cara pengolahan yang terbilang khas dan ekslusif

Pasar makanan khusus di AS sendiri memang bisa dibilang mencapai 90miliar US dollar...dari pasar yang besar itu makanan ukm khas indonesia sendiri masuk kedalamnya. Beberapa produk-produk subkategori makanan Ringan,Minuman, Sambal, Bumbu hingga sayuran. Sekarang ini pun di Amerika sendiri memang sedang trend minat konsumennya ke arah makanan berbau asia dan mediterania. Yang khususnya sangat besar peminatnya untuk negara-negara seperti India, Indonesia, Thailand, Vienam serta korea. Untuk produksi kopi dan kakao serta olahan kelapa indonesia sendiri tak kalah laris dan terkenal di AS, di dasari oleh banyaknya peminat dan tingginya angka permintaan tahun ke tahun yang terus meningkat maka bisa dibilang pasar makanan UKM indonesia sendiri kini mulai di lirik dan menjadi primadona rakyat Obama.

Kunci dari keberhasilan ini adalah seberapa mampu produsen indonesia melakukan supply respon terhadap peningkatan konsumen, karena selama ini meskipun banyak permintaan dan tingginya angka penjualan tak pelak membuat pengusaha bisnis UKM keteteran, minimnya support dari pemerintah serta produk Kemasan UKM yang kurang menarik menjadi salah satu alasan mengapa terkadang makanan UKM indonesia tak bisa kompetitif di tahun-tahun sebelumnya, namun kini indonesia pun patut bertepuk dada karena atas usaha dan kerja keras para pengusaha makanan UKM di tanah air, kini makanan indonesia bisa terkenal seantero Amerka Serikat.








 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar