Kamis, 25 Oktober 2012

Cara Menambal Ban Tubeless Yang Bocor



Ban Tubeless memang cukup bermanfaat dapat mengantisipasi agar saat bocor tidak langsung kempes begitu saja tapi perlahan namun saat sudah kempes bagaimana cara menambalnya dan apa saja yang perlu anda lakukan ?, simak tips berikut ini:

Yang diperlukan:
1. Tang untuk mencabut paku atau benda lain yang menyebabkan bocor.
2. Tusukan besi, cairan panas, karet tambalan sisipan.
3. Pisau
4. Penghalus kebocoran

Cara menambal:
1. Periksa ban yang bocor dan cari penyebab kebocorannya. Apakah karena paku atau benda lain.
2. Gunakan tang untuk mencabut benda yang menancap di ban, seperti paku. Cabut dengan hati-hati agar kebocoran tak menjadi lebih besar.
3. Masukkan penghalus ke lubang yang bocor. Tarik-keluar di lubang tersebut selama beberapa kali agar lubang yang bocor tersebut menjadi halus dan cukup besar untuk disisipkan karet tambalan. Setelah selesai, biarkan penghalus menempel di dalam ban.
4. Lepaskan penghalus secara perlahan-lahan dan gunakan cairan panas perekat untuk merekatkan bagian yang bolong tersebut. Oleskan sebanyak dua sampai tiga kali hingga cairannya merata.
5. Masukkan karet tambalan sisipan yang telah diolesi sedikit cairan perekat ke dalam lubang tersebut dengan menggunakan tusukan. Tekan kuat-kuat hingga timbul bagian yang menonjol. Pastikan bahwa pemasangan karet sisipan tersebut dilakukan dengan benar dan tidak ada kebocoran di bagian tersebut.
6. Cabut tusukan dan biarkan selama beberapa saat hingga karet sisipan tersebut menempel dengan sempurna.
7. Pompa ban dan potong bagian lebih karet sisipan yang menonjol dengan gunting.
8. Periksakan ke bengkel jika masih bocor.

Yang harus diperhatikan:
1. Selalu gunakan sarung tangan pelindung ketika menggunakan benda tajam seperti pisau, tusukan, dan penghalus.
2. Menggunakan alat penghalus dapat membantu dalam menghaluskan ban, tetapi tidak membuat ban Anda menjadi aus dan menyebabkan kebocoran yang lebih banyak.

Demikian tipsnya dalam menangani ban tubeless mobil yang bocor semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang usaha sewa mobil



Temukan artikel terkait:  Tips Memilih Stang Setir Mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar