Kiat Menaikan Kompresi Mesin Motor
Menaikan kompresi salah
satunya dengan cara mencopot ring pada busi agar kompresi bisa dinaikan.
Memang masuk akal karena secara teknis kepala busi lebih masuk ke dalam
dan akan mengurangi volume ruang bakar sehingga rasio kompresi sedikit
naik.
Tetapi anda perlu ingat bahwa fungsi ring mencegah busi tidak
kendur
karena getaran mesin. Jika sampai terjadi maka kompresi akan turun dan
tenaga motor malah akan melemah. Sebaliknya, jika busi dikencangkan kuat
risikonya lubang ulir slek dan lebih buruk lagi.
Ada cara yang lebih
baik dengan tetap memasang ring busi. Caranya adalah melepas dulu busi
dari mesin atau sediakan busi baru. Pada badan busi ada dudukan ring,
lakukan pemotongan setebal 1,5 mm.
Untuk urusan ini, anda bisa
serahkan pada bengkel bubut. Kalau sudah selesai pasang lagi di mesin,
tentunya ring busi akan lebih mendem atau lebih dalam. Yang perlu anda
ingat adalah membuka-memasang busi sebaiknya lakukan dalam kondisi mesin
dingin.
Dijamin kompresi naik dan busi tidak akan kendur serta bunga
api akan semakin cepat membakar campuran bahan bakar dengan udara.
Karena posisi pemantik api itu jadi lebih masuk ke dalam.
Bagi yang
khawatir kepala piston atau klep terbentur busi, sebelum menghidupkan
mesin coba lakukan langkah berikut. Buka penutup pada blok mesin sebelah
kiri, lalu putar kruk-as dengan kunci T 14 sampai 4 kali putaran. Jika
tidak ada benturan maka menandakan mesin motor anda aman untuk
dihidupkan atau dinyalakan.
Demikian pembahasannya soal menaikan
kompresi mesin motor semoga bermanfaat untuk anda dan tenaga motor anda
bisa bertambah, temukan info menarik tentang modifikasi motor trail
Temukan artikel terkait: Tips Perawatan Tangki Motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar