Rabu, 19 Desember 2012

Cara Memilih Jajanan Yang Sehat




Tidak semua jajanan yang dijual itu sehat jadi kita harus pandai memilih jajanan sehat dan harus mengetahui bahwa makanan tersebut sehat atau tidak dari bentuk, warna dan rasanya yang pasti tampilannyabaik atau tidak, berikut ada beberapa tips untuk anda memilih jajanan sehat:

1.  Hindarilah makanan yang berwarna mencolok atau jauh berbeda dari warna aslinya. Menurut Ir.Chandra Irawan dari Akademi Kimia Analis (AKA) Bogor, jajanan seperti kerupuk, mi, snack, atau es krim yang berwarna terlalu mencolok ada kemungkinan sudah ditambahi zat pewarna yang tidak aman.
2.  Cicipi rasanya. Makanan yang tidak aman umumnya berasa tajam, misalnya sangat gurih dan membuat lidah bergetar. "Biasanya lidah kita cukup jeli membedakan mana makanan yang aman dan yang tidak," katanya.
3.  Baui aromanya. Bau apek atau tengik pertanda makanan itu sudah rusak atau terkontaminasi mikroorganisme.
4.  Amati komposisinya. Jadilah konsumen cerdas dengan membaca secara teliti kandungan bahan makanan yang ada. Bila ingin membeli produk impor, pastikan produknya sudah terdaftar dan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, yang bisa dicermati dari label dalam kemasan.
5. Perhatikan teksturnya. Tekstur makanan bisa menandakan kesegaran makanan. Makanan yang sudah berubah warna, apalagi berjamur menandakan produk yang sudah kedaluarsa.

Demikian tipsnya dalam memilih jajanan yang sehat semoga bermanfaat untuk anda dan menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang resep kue jajanan pasar



Temukan artikel terkait :   Tips Memilih Jajanan Pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar