Ide Jadikan Motor Supra X 100 cc 6 Speed
Mengubah motor yang
memiliki 4 speed seperti motor supra x 100 cc menjadi 6 speed memang
sesuatu hal yang keren karena Untuk menambah speed atau kecepatan motor
banyak caranya dalam balap liar sah sah saja apalagi regulasi motor
balap liar itu buram alias nggak jelas seperi balap resmi. Semua motor
bisa gas pol.., rem pakem...
Yang penting jenis motor sama atau
masih dalam satu varian. Selain itu, tampilan motor harus dominan
standar. Tapi balap ini nggak menutup kemungkinan adu beda varian dan
tergantung gimana kesepakatannya.
Makanya biar bisa tarung dengan
motor sejenis atau beda varian, orang melakukan trik yang bisa
dikatakan fenomenal. Pasalnya tuner motor drag resmi sukses menggarap
Honda Supra X 100 jadi 6 speed atau 2 gigi lebih banyak dari standarnya.
Fantastis bukan ?.
Banyak mekanik baru bisa melakukan ubahan ini
hanya sampai pada tahap 5 speed atau naik 1 gigi. Sementara motor
berkapasitas silinder murni 97 cc itu masih bisa tambah 2 gigi lagi.
Bagaimana dengan crankcase dan silinder. Apakah alami ubahan yang
ekstreme?
Supra X memang bisa diubah alami, penambahan gigi
girboks diimbangi pembesaran di ruang crankcase, ubahan ini tak sekadar
atur ulang lubang dudukan ke-2 poros pegangan gigi rasio. Tapi dengan
susunan gigi rasio lebih banyak dan panjang, maka ruang bak mesin
diperbesar dengan cara menambah paking aluminium setebal 3 mm di antara
blok tengah.
Otomatis tebal paking yang memperluas ruang bak
mesin sehingga memudahkan menyusun masing-masing perbandingan gigi.
Mulai dari gigi 1 sampai 6 hasil kanibal dari masing-masing merek,
kemudian disusun di dalam as girboks.
semua pakai perbandingan
gigi lebih ringan. Dimulai dari gir primer-sekunder dengan perbandingan
(17/67). Lalu gigi satu rasionya (14/47), 2 (17/33), 3 (24/28), 4
(25/24), 5 (23/26) dan gigi ke 6 (25/25).
Lalu sebagai
penyeimbang ubahan di bak girboks, atur ulang posisi batang stut kopling
agak pendek karena rumah kopling makin maju ke bak mesin. selain
mengatur ulang posisi baut pengangan mesin di rangka, bila crankcase
sebelah kanan itu diambil dari motor Cina (Mona). Karena pompa oli jadi
satu alias enggak terpisah seperti punya Supra X yang batang pompa
olinya melintang di lubang setang piston.
Dari situ bisa diisi
gigi 6 speed. Dan keuntungannya setelah ruang bak girboks lega, volume
silinder bisa dibore up lebih besar lagi dan tidak cuma mentok pakai
piston Kawasaki Kaze.
Maksudnya, saat ini pakai silinder blok dan
head Yamaha Jupiter-Z. Sedang piston pakai punya Tiger 2000 oversize
200 diameter 65,5mm di setang piston Kawasaki ZX130. Stroke naik 5 mm
setelah adopsi kruk-as Honda Karisma.
Tapi posisi baut pegangan
mesin mesti diatur ulang, terutama ke-4 lubang ulirnya. Dan yang paling
banyak digeser adalah jarak baut ke atas. Karena tidak diganjal paking
seperti blok tengah,dan kaki piston Tiger mesti dipotong biar nggak
mentok ke setang piston.
Demikian triknya dalam menambahkan speed
motor supra x 100 cc jadi 6 speed semoga menambah pengetahuan anda
temukan info menarik tentang modifikasi motor jupiter z
Temukan artikel terkait: Tips Jadikan Motor Supra X 100 cc 6 Speed
Tidak ada komentar:
Posting Komentar