Kamis, 02 September 2010

Membangun Sekolah Wisata Di Kelimutu Flores

Membangun Sekolah Wisata Di Flores

Pemerintah Kabupaten Ende di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, akan membangun sekolah pariwisata di Kecamatan Kelimutu untuk menjawab permintaan tenaga kerja di bidang kepariwisataan. "Pilihan sekolah kejuruan pariwisata ini sangat tepat karena Kelimutu merupakan salah satu kawasan pariwisata yang terkenal dengan keunikan tiga danau di puncak Gunung Kelimutu," kata Camat Kelimutu Frans Sio di Ende, Senin (23/8).

Dia mengatakan industri pariwisata yang semakin berkembang di wilayah itu seperti menjamurnya tempat penginapan, restoran dan rumah makan membutuhkan tenaga yang terampil di bidang pariwisata. "Sejauh ini penginapan, restoran dan rumah makan di Moni, Kecamatan Kelimutu, dikelola secara alamiah, karena tidak ada tenaga pelayan yang profesional. Mereka direkrut begitu saja sebagai tenaga kerja tetapi tidak memiliki pengalaman apa-apa di bidang pariwisata," katanya mencontohkan.

Ia menambahkan dengan dibukanya sekolah kejuruan pariwisata, para siswa bisa dilatih tentang manajemen perhotelan, restoran, dan rumah makan, sehingga menjadi profesional di bidang tugasnya masing-masing. Sio mengatakan pihaknya telah membentuk panitia pendirian sekolah menengah kejuruan (SMK) Pariwisata, yang bertugas menyiapkan semua persyaratan termasuk, termasuk menyiapkan lahan.

"Saya optimistis sekolah itu pasti diminati banyak orang karena mendidik tenaga yang siap pakai, apalagi tamatan sekolah menengah pertama di kecamatan itu setiap tahun berkisar antara 600?700 orang. Anak-anak bisa diarahkan untuk masuk di SMK tersebut," ujarnya.

Di Kecamatan Kelimutu terdapat enam SMP, namun siswa lulusan dari enam sekolah itu umumnya melanjutkan pendidikan di Kota Ende dan beberapa kota lainnya di Flores, karena belum adanya sekolah lanjutan tingkat menengah atas (SLTA) di Kelimutu. "Karena belum adanya SLTA tersebut maka masyarakat Kelimutu menghendaki pembangunan SMK Pariwisata sesuai dengan posisi Kelimutu sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Ende," kata Sio.

Sumber - .floresnews.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar