Selasa, 24 April 2018

Harga Oven Gas Alat Pemanggang Roti Yang Ekonomis


Harga Oven Gas

Seperti yang kita ketahui harga oven gas di pasaran sedikit lebih murah ketimbang harga oven listrik. Pemakaiannya pun di nilai lebih ekonomis dibanding dengan oven listrik, jadi wajar bila banyak produsen roti yang memilih oven gas.

harga oven gas

Oven gas memang oven yang paling ekonomis dalam penggunaannya karena oven ini lebih cepat panas dan lebih hemat energi. Produsen roti dan kue lebih memilih oven jenis ini karena penggunaannya yang ekonomis dan hasilnya berkualitas.

Oven memang memegang peranan penting dalam proses pembuatan roti dan kue, membuat maksimal hasil roti dan kue. Oven memang fungsinya untuk memanggang roti dan kue, oleh karena itu tak heran oven salah satu alat penting pembuatan roti.

Oven punya 3 jenis dan beberapa tipe dengan tampilan yang berbeda. ada yang satu deck hingga 6 deck. Perbedaan itu menentukan daftar harga oven gas dan jenis lainya semakin bagus kualitas oven tersebut maka semakin mahal harganya.

Meski demikian kualitas oven tentunya selalu memberikan hasil terbaik hasil panggangannya jadi ada harga ada rasa. Orang akan berani membeli oven dengan harga mahal bila memang oven tersebut berkualitas. Dapat memberikan hasil panggangan terbaik pada roti dan kue yang di panggangnya.

Jika budget anda belum mencukupi untuk membeli oven tersebut. Sesuai dengan penjelasan diatas anda tak perlu khawatir karena oven memiliki berbagai jenis yang juga menentukan harga.

Anda dapat membeli oven sesuai dengan budget yang Anda miliki. Bagi Anda yang baru memulai bisnis roti atau kue, tentunya anda harus menggunakan oven sesuai dengan kebutuhan. Membelinya sesuai budget anda juga agar lebih bijak dalam oprasional produksi anda.

Oven gas hanyalah salah satu mesin yang memberikan hasil roti dan kue terbaik. namun ada mesin lainnya juga yang andil dalam memberikan hasil maksimal dari roti atau kue.

Mesin-mesin tersebut adalah mixer roti, proofer roti, dan oven gas ini. Semuanya memiliki fungsi yang berbeda. Mixer tentu saja penggunaannya sebagai pengaduk adonan secara otomatis dan cepat.

Proofer roti memiliki fungsi menetapkan suhu tertentu agar adonan roti mengembang dengan sempurna. Anda bisa menggantikannya dengan hanya menggunakan ragi instan.


Namun, bila Anda tidak memahami penggunaan ragi akan berdampak buruk pada adonan roti. Salah satunya bau roti akan lebih dominan dengan ragi. untuk mengatasi hal tersebut mesin proofer roti bisa membantu Anda.

Bila proses pembuatan roti telah dilewati berjalan sebagaimana mesitinya, tibalah saatnya memanfaatkan tenaga mesin oven gas. Adonan yang sudah kalis biasanya akan dibentuk atau dicetak kemudian dipanggang.

Tujuan memanggang sendiri jelas agar adonan rotinya matang dan jadilah roti yang dapat dikonsumsi. Tentunya anda tidak mungkin memakan roti mentah dong?.

Oleh Karena itu, penggunaan oven gas ini adalah salah satu hal yang sangat penting. Dalam proses pembuatan roti dan dalam bisnis bakery tentunya.

Ada beberapa jenis mesin pemanggang lainnya yang tentu anda tau, yaitu oven tangkring dan microwave. Tidak hanya roti atau kue, salah satu dari mesin pemanggang tersebut bisa memanggang ayam atau steak.

Oven Gas
Oven gas adalah alat pemanggang yang bahan bakarnya menggunakan energi gas untuk memanaskan ruangan oven. Alat ini biasanya digunakan untuk memanggang pizza, kue, roti, dan jenis masakkan lainnya.

Pemanfaatan energi panas gas dari oven ini mempunyai fitur pengoperasian secara otomatis. Kue yang akan dioven disusun pada deck / rak. Oven ini juga dilengkapi dengan sistem pengapian atau pemanasan atas dan bawah. Sehingga hasil panggangannya akan lebih matang merata dan tidak gosong.

Berikut ini ada beberapa daftar harga oven gas:

Harga Oven Gas


TipeHarga
BOV-ARF20HRp10.000.000
BOV-ARF40HRp20.000.000
BOV-ARF60HRp30.000.000
HTR-20H BLACKRp9.500.000
HTR-40H BLACKRp19.000.000
HTR-60H BLACKRp27.000.000
BSR-20SRp11.000.000
Convection OVENRp23.000.000



Keuntungan Menggunakan Oven Gas
Oven gas lebih disukai oleh para baker dibandingkan oven listrik, dan berikut keuntungan menggunakan Gas Oven :

  • Hemat penggunaan energi gas, dikarenakan pemakaian gas secara otomatis oleh valve.
  • Tak perlu dijaga lama pemanggangan dikarenakan oven roti ini memiliki timer.
  • Tak takut suhu panas terlampau tinggi atau rendah dikarenakan oven memiliki thermokontrol yang akurat.
  • Oven gas memiliki api atas dan api bawah sehingga dapat memanggang roti secara merata.
  • Ruangan tidak terlampau panas dikarenakan dinding oven dilapisi oleh peredam panas (rockwool / glasswool).
  • Tak perlu khawatir meledak akibat gas dikarenakan oven ini memilik IC control board yang memiliki alarm kegagalan api di ruang bakar.
  • Pipa burner oven roti terbuat dari pipa stainless steal sehingga tidak mudah keropos.



Tips Memanggang Roti

  • Penetapan suhu oven: Range suhu oven untuk mendapatkan volume roti yang optimal dan warna kulit roti yang bagus adalah 220-260 derajat Celcius.
  • Ukuran roti: semakin besar ukuran roti, semakin lama waktu pemanggangan
  • Gula dan susu bubuk: semakin tinggi prosentase gula dan susu bubuk dalam resep, semakin rendah suhu pemanggangan/oven.
  • Lemak: semakin tinggi lemak dalam resep/formulasi, akan memperlambat gelatinisasi pati, jadi waktu pemanggangan semakin lama dengan suhu lebih rendah.
  • Kepadatan/sifat adonan: Sifat adonan ini berhubungan dengan banyaknya cairan dalam adonan. Makin banyak air maka waktu pemanggangan akan lebih lama.
  • Jenis kulit roti yang diinginkan: Makin lama waktu pemanggangan akan makin banyak air yang teruapkan dan makin renyah kulit roti yang terbentuk. Kulit roti yang renyah (crispy) dibentuk dengan menyemprotkan uap air (steam) sebelum dan selama baking.



Demikian pembahasannya tentang harga oven gas, alat pemanggang roti dan kue yang penggunaannya cukup ekonomis dalam memproduksi roti dan kue. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar