Senin, 16 April 2018

Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Tentang Bakso Di Indonesia


Cara Membuat Bakso
Cara membuat bakso - Bakso merupakan makanan Indonesia yang sudah terkenal hingga keluar negeri. Karena rasanya yang khas nikmatnya bikin ketagihan meat ball berbumbu ini memiliki banyak penggemar hingga ke manca negara.


Bakso adalah makanan yang terbuat dari daging-dagingan halus, putih telur, serta tepung yang dicampur dengan bumbu. Dagingnya bisa daging sapi, ikan, udang kemudian dibentuk bulat seperti bola bekel.

Bakso Memang banyak macamnya bisa terbuat dari daging sapi, ikan, udang, cumi dan masih banyak lagi.Bakso kini tidak hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan bermacam isian. Seperti telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Bukan dari isiannya saja, namun juga cara penyajiannya pun beraneka macam. Ada yang menggunakan kuah seperti biasa, ada yang dibakar. Ada yang di makan dengan bumbu tabur serbuk cabai atau gurih, ada pula yang dipenyet dengan sambal.

Bentuk dan ukuran bakso juga sangat bevariasi, jadi tak hanya bentuk bulat saja tapi juga beraneka bentuk. Ada yang bentuk gepeng, kotak, bentuk hati, kerucut, ketupat, hingga berbentuk barbel, dari hal tersebut bisa dibilang masyarakat Indonesia kreatif.

Bahkan bakso adalah makanan kesukaan mantan presiden Amerika, Barack Obama semasa kecil tinggal di Indonesia. Sebagian masyarakat indonesia pun sudah tau tentang sejarah bakso awal mulanya namun juga masih banyak yang belum mengetahuinya.

Semangkok bakso biasanya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Namun karena semakin banyak inovasi bakso, banyak pula aneka macamnya. Cara membuat variasi bakso pun sangat beraneka macam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.

Sejarah Tentang Bakso
Bakso menjadi terkenal di Indonesia oleh masyarakat Tionghoa Indonesia. Istilah bakso juga berasal dari kata Bak-So dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang artinya adalah daging giling.

Dikarenakan penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim maka kebanyakan bakso dibuat dari daging halal seperti daging ayam, sapi maupun ikan. Sekarang ini makanan lezat berbentuk bulat ini lebih banyak dijual oleh orang orang Jawa dan yang terkenal adalah berasal dari kota Malang, Solo dan Wonogiri.

Ketiga kota tersebut memiliki ciri khas masing masing. Di kota Malang bakso disajikan dengan berbagai olahan pangsit dan tahu bakso. Isi di dalam satu mangkok bakso Malang lebih terlihat ramai dibandingkan dengan yang lain.

Berbeda dengan Wonogiri dan Solo, ciri khas dari kedua kota ini adalah aroma kaldu sapinya yang membuat orang ketagihan. Bersyukurlah karena kamu bisa menemukan bakso dengan mudahnya dari penjual keliling hingga kelas restoran.

Berikut ini ada resep cara membuat bakso pentol yang kenyal, bagaimana cara membuatnya?… simak berikut ini:



 Bahan Pentol Bakso:

  • Lada bubuk sdt
  • Garam 1 sdt
  • Bawang putih 4 siung, haluskan
  • Es batu 40 g, hancurkan
  • Air 2 L
  • Daging sapi kg, giling
  • Tepung kanji 50 g
  • Telur 1 butir


Proses Membuat Pentol Bakso:

  • Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.
  • Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.
  • Rebus air dalam panci sampai mendidih
  • Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.
  • Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.
  • Lanjutkan hingga semua adonan habis.
  • Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat


Demikian pembahasannya tentang cara membuat bakso secara umum dan segala suatunya tentang bakso. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar