Kamis, 17 Februari 2011

Yuk Bedah Peluang Usaha Cucian Motor

Kalau anda pernah berkunjung ke Jogja, anda pasti akan lihat betapa banyaknya kendaraan bermotor roda dua. Dulu Jogja terkenal dengan sepeda ontelnya.Saya rasa sekarang sudah beralih ke sepeda motor. Biasanya nih, kalau sebuah daerah banyak pengguna sepeda motornya, peluang usaha yang bisa diambil kalau nggak bengkel motor ya buka usaha cuci motor.


Walaupun usaha cuci motor ini sudah banyak pemainnya, tapi menurut saya prospeknya masih lumayan bagus. Karena jumlah sepeda motor yang ada semakin hari semakin meningkat.

Dari “investigasi” yang saya lakukan, saya memproleh banyak informasi penting jika anda tertarik mengambil peluang usaha cuci motor ini. Pertama, alat yang digunakan untuk usaha cuci motor. Peralatan cuci motor intinya hanya 3, yaitu kompresor, alat semprot air dan tabung sabun. Kemudian untuk sumber airnya, usahakan anda membuat sumur sendiri. Air sumur lebih bagus sekaligus lebih irit.

Bahan baku untuk proses pencucian motor juga tidak banyak dan mudah didapat, yaitu :

1. Sabun, digunakan sebagai bahan baku utama untuk membersihkan motor.

2. Bensin dan oli, digunakan sebagai campuran sabun untuk membersihkan kotoran yang membandel.

3. Solar, digunakan untuk bahan bakar kompresor.

4. Vaselin, digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan body motor.

5. Silikon, digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan ban motor.

Default-nya, ruangan usaha cuci motor ini dibagi menjadi 5, yaitu ruang utama sebagai tempat cuci motor, ruang tunggu pelanggan, tempat pembayaran, kamar tidur karyawan dan gudang tempat menyimpan perlengkapan usaha cuci motor.Tingkat kesulitan pencuciannya dibagi menjadi 3, yaitu ringan, sedang dan berat. Yang ringan dan sedang bisa dikerjakan 2 orang, yang berat butuh tambahan 1 orang lagi untuk mengerjakannya, jadinya 3 orang.

Sebagai pelengkap, anda bisa menambahkan aneka minuman untuk para konsumennya yang sedang menunggu motor kesayangannya dicuci. Selain sebagai nilai tambah, cafetaria kecil ini bisa anda fungsikan untuk menghasilkan pemasukan tambahan.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar