Selasa, 01 Februari 2011

Asal Mula Profesi Keren Video Jockey

Video jockey (nama lain " VJ", atau kadang-kadang "veejay") adalah seseorang yang mengenalkan dan memainkan video musik di Televisi musik komersial seperti MTV, VH1, Canada's MuchMusic, Asia's Channel V, dan Philippines' MYX.
Asal istilah
Istilah "video jockey" berawal dari istilah "disc jockey", "DJ" (deejay) yang digunakan di radio. Istilah VJ ini kemudian dipopulerkan di tahun 1980 oleh Music Television Network (MTV).




Pendiri MTV mendapat idenya dari studi yang dilakukan Merrill Aldighieri, seseorang yang menemukan pekerjaan VJ dan istilah tersebut. Merrill bekerja di klub malam New York "HURRAH" dimana, tempat tersebut adalah arena publik pertama yang menampilkan video dengan musik di New York City. Ketika Merril diajak untuk menampilkan film eksperimennya di klub, Merill bertanya apakah ia bisa mengembangkan penggunaan videonya sebagai pelengkap dari musik yang dimainkan DJ, agar filmnya dapat dimainkan, kemudian hal tersebut menjadi kebiasaan di klub tersebut. Percobaan tersebut berjalan dengan sukses dan Merril diajakn untuk bergabung dengan klub tersebut.
Beberapa bulan kemudian orang yang akan menjadi pendiri MTV kemudian mulai datang ke klub tersebut secara teratur, mewancarainya. Merril berkata ia adalah seorang VJ, istilah yang ia kembangkan bersama dengan salah satu anggota staff dan menempatkan pekerjaan VJ dalam slip gajinya. Kemudian ia diundang untuk menampilkan koleksi penampilan video yang ia buat untuk membentuk bentuk awal MTV, tetapi ketika ia bertanya apakah ia akan dibayar, MTV kemudian menolak, kemudian Merril menolak penawaran MTV. Memoir video jockeynya mempunyai daftar lengkap semuda musik livenya saat menjadi VJ. Koleksi aslinya saat ini berada di Historic Films Archives

Tidak ada komentar:

Posting Komentar