Kamis, 18 November 2010

Metode Baru Menjual Mobil Bekas

Panduan Menjual Mobil Bekas


1. Hal pertama yg terpenting adalah carilah informasi hrga pasaran jual mobil bekas Anda. Info ini dapat Anda peroleh dari teman, surat kabar local, atau website jual beli mobil bekas resmi seperti 88db.com. Ini penting agar Anda dapat menjual mobil bekas anda dengan efektif. Perlu Anda ketahui bahwa hrga mobil bekas di tiap kota adalah berbeda, jadi pastikan jika Anda menjual pada batasan hrga pasarannya.

2. Berikan batasan terendah hrga jual mobil bekas Anda, dan konsistenlah dengan ketetapan Anda untuk tidak melepas mobil Anda pada hrga terendah yg Anda tetapkan. Pertimbangkan berbagai factor seperti kondisi mobil, jarak tempuh (kilometer), warna body, kondisi body/chasis, kaki-kaki, electrical system, power steering, performa mesin, dll.

3. Selain factor tersebut di atas, pertimbangkan pula riwayat perawatan kendaraan Anda serta asuransi yg masih Anda miliki. Jika Anda selalu merawat mobil Anda di bengkel resmi dengan servis record yg lengkap, tentu hrga jual mobil Anda dapat lebih tinggi.

4. Saat di jual mobil bekas Anda harus berada dalam performa terbaiknya, ini penting untuk menarik minat pembeli serta mendongkrak hrga jual. Cuci dan bersihkanlah mobil Anda. Perbaikilah kerusakan-kerusakan kecil pada interior, power window, serta elektronik dan lampu-lampu.

5. Kumpulkan dan copy semua kuitansi dan catatan servis berkala maupun non berkala serta kuitansi pembelian komponen/sparepart. Ini adalah factor sangat penting yg membuktikan bahwa mobil Anda terawat dengan baik. Tunjukanlah semua catatan kepada calon pembeli. Jika Anda selalu merawat mobil Anda di bengkel resmi, dapat dipastikan Anda tidak akan kesulitan menjual mobil Anda.

6. Iklankan mobil Anda. Iklan dapat Anda lakukan dengan banyak cara seperti iklan dari mulut ke mulut, surat kabar, maupun internet. Kini, pemasangan iklan melalui internet menjadi pilihan praktis. Agar lebih efektif iklankan mobil bekas Anda pada website resmi yg khusus menangani jual beli mobil bekas. Mengapa demikian, karena ribuan pencari mobil bekas di internet akan menggunakan Google untuk mencari mobil impian mereka, jadi pilihlah website yg Google friendly seperti www.88db.com

7. Biasanya pembeli akan menanyakan alasan Anda menjual mobil Anda. Ironisnya mereka akan segera meninggalkan Anda begitu Anda menjawabnya “bekas tabrakan, bekas banjir, BPKB duplikat”. Apapun alasannya, jawablah dengan jujur agar Anda terhindar dari tuntutan di belakang hari.

8. Hindarilah konfrontasi atas penawaran yg terlalu rendah dari klien. Tolaklah secara halus dengan alasan yg memadai. Bersabarlah, berargumentasi dan yakinkan calon pembeli bahwa mobil Anda selayaknya memiliki nilai jual tertentu yg layak dengan kondisinya.

9. Jika telah deal, mintalah DP serta buatlah persetujuan tentang mekanisme pelunasan (batas waktu dan tata cara pembayaran). Untuk keamanan transaksi, gunakan transfer bank atau kliring secara manual ke teller. Akan lebih baik lagi jika dilakukan bersama-sama dengan pembeli.

Sumber: 88db.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar