Rabu, 03 November 2010

Melihat Kekayaan Kain Tradisional Indonesia



Batik merupakan Kain tradisional yang sangat dikenal karena memang sudah jadi kain tradional “wajib punya” untuk acara-acara resmi atau acara adat. Batik sendiri adalah salah satu teknik menghias kain menggunakan malam (Lilin).


Kain tradisional batik dapat dijumpai dibanyak tempat selain jawa Tengah, seperti Jawa barat, Jawa Timur, dan Bali dengan motif-motif berbeda sesuai cirri khas daerahnya.


JUMPUTAN (Pelangi) adalah Kain tradisional yang dihias dengan tekhnik ikat celup (tie-die). Kain ini banyak ditemui diSumatra Selatan dan Jawa Tengah. Saat ini, karena warnanya cerah jumputan banyak digunakan sebagai pengganti kain batik untuk acara-acara pernikahan sebagai paduan kebaya.


TENUN Kain tenun banyak banget jenisnya tapi yang banyak kita jumpai adalah kain tradisional songket dan ulos, yaitu kain yang mengalami proses hias-menghias pada saat ditenun.


Songket terkenal di Sumatra Selatan bahkan menggunakan benang emas pada saat ditenun. Nggak heran kalau kain ini berat banget.


Akan tetapi kain tradisonal ulos menggunakan manik-manik pada saat ditenun , nenek moyang kita memang kreatif. IKAT Kain ini mungkin agak asing ditelinga kita, tapi yang pasti juga mengalami proses tenun, hanya saja sebelum ditenun benang-benang telah mengalami proses tie – die untuk mendapatkan bentuk motif tertentu. Daerah Nusa Tenggara dan Bali terkenal dengan kain ikatnya.

Sumber: id.shvoong.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar