Senin, 18 Juni 2012

Memahami Beberapa Istilah Dalam Pengiriman Barang





Pengiriman Barang – Jika pada dahulu perniagaan sering kali terkendala akan jarak dan lokasi, kini perlahan telah mulai hilang, pertumbuhan internet yang tak terbendung sejalan dengan pesatnya jasa pengiriman barang menjadi kunci dalam masalah jarak dan waktu untuk perniagaan ini. 

Sama hal dengan teknologi dan perkembangan internet Untuk masalah pengertian pengiriman barang pun kini telah bertransformasi sejalan dengan teknologi, waktu dan kebutuhan.

Pada dasarnya untuk pengertian pengiriman barang sendiri adalah memindahkan/mengirimkan barang dari satu lokasi ketempat tujuan yang disesuaikan dengan dokumen pemesanan dan pengiriman serta dalam kondisi yang sesuai dengan persyaratan penanganan barangnya.

Jika pada dahulu sarana transportasi untuk pengiriman barang masih sangat terbatas sehingga seringkali memakan waktu yang banyak kini dengan kemajuan teknologi dibidang transportasi seperti halnya pesawat terbang, kereta api, mobil bahkan kapal laut kini pengiriman barang bisa disesuikan dengan waktu dan volume barang yang dibutuhkan.

Pengertian pengiriman barang pun kini memiliki istilah-istilah yang cukup banyak, yang mana berfungsi untuk mempermudah dalam aktivitas pengiriman barang, berikut ini beberapa istilah dasar dalam aktivitas pengiriman barang :

Barge : Tongkang - perahu
Bill Of Lading : atau biasa di singkat dengan B/L, arti sederhananya : Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang.
Buyer : Pembeli
Cargo plan : Rencana muatan
Cargo space : Ruang sisa muatan untuk cargo/ barang/ container
Collect : Dibayar kemudian / belakangan
Commercial Invoice : Dokumen faktur penjualan / Nota barang
Container : Kontainer / Peti kemas
Container Yard [C/Y] : Tempat penumpukan container di pelabuhan
CONSIGNEE : orang atau badan hukum penerima barang.
DESCRIPTION OF GOODS : perincian barang yang dikirim.
ETD : Estimation Time of Departure : perkiraan waktu keberangkatan sarana pengangkut.
ETA : Estimation Time of Arrival : perkiraan waktu kedatangan sarana pengangkut



Info Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar