Selasa, 26 Juni 2012

Tentang Merawat Kaca Mobil




Kaca mobil adalah salah satu bagian yang paling penting dari mobil dan juga peting bagi pengendara untuk melihat fokus saat menyetir, bila kaca mobil buram tentunya sangat berbahaya sekali karena mempengaruhi pandangan saat menyetir, bagaimana cara merawatnya agar tidak, buram atau baret karena goresan?, berikut ada beberapa tips untuk anda:

1.Jangan menggunakan atau menggerakkan wiper untuk membersihkan kaca mobil dalam keadaan permukaan kaca kering, terutama jika kondisinya sedang berdebu atau kotor. Karena jika tidak, debu atau kotoran dapat menyebabkan goresan-goresan halus bahkan kasar pada kaca mobil. Selain itu masa pakai karet wiper juga jadi tidak awet atau lekas rusak. Jadi, untuk membersihkan kaca mobil dengan wiper, basahi atau semprotkanlah terlebih dahulu cairan wiper, agar permukaan kaca mobil jadi licin, dengan begini kotoran atau debu tidak akan menyebabkan goresan.

2.Dalam keadaan musim hujan, gunakan wiper seperlunya atau sesuaikan kecepatannya dengan intensitas air hujan yang turun. Jika hanya gerimis, gunakan sesekali saja, karena jika terlalu sering menggunakan wiper dengan memilih gerakan yang paling cepat saat gerimis, maka dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan belang antara bagian yang tersapu wiper dan bagian yang tidak, karena gerakan wiper yang terlalu cepat saat permukaan kaca mobil idak terlalu basah akan merusak lapisan kaca dan mengikisnya.

3.Gantilah segera karet wiper yang telah rusak, tandanya adalah karet yang sudah tidak lentur, terlihat retak dan saat digunakan untuk menyapu air, terlihat air tidak tersapu sempurna ataupun tidak merata pada permukaan kaca. Rajinlah untuk membersihkan juga karet wiper agar lebih awet.

4.Gunakanlah wiper fluid atau cairan wiper yang memang khusus untuk digunakan sebagai cairan wiper. Menggunakan cairan wiper dari air yang dicampur dengan sabun biasa memang efektif juga untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran debu ataupun lemak, akan tetapi tidak direkomendasikan, karena kemungkinan sabun biasa dapat menimbulkan endapan pada kaca jika bereaksi dengan udara ataupun sinar matahari juga pada reservoir mobil.

5.Jangan membiarkan air atau kotoran terlalu lama menempel di kaca. Jika kaca mobil telah terlihat kotor, biasakanlah segera bersihkan dengan lap chamois dan air lalu keringkan. Karena kaca yang kotor dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya jamur kaca, memang saat ini banyak produk perawatan mobil untuk menghilangkan jamur kaca, tapi perlu diketahui juga, terlalu sering menggunakan penghilang jamur kaca mobil dapat membuat lapisan anti UV yang terdapat pada kaca mobil menipis atau bahkan hilang dan membuat kaca lebih mudah pecah.

6.Jika kaca mobil sudah terlanjur berjamur, sebaiknya serahkan saja ke salon mobil yang berkualitas, karena memoles kaca mobil untuk menghilagkan jamur tidaklah semudah memoles body mobil dan memerlukan alat dan lap yang tepat dan khusus, kesalahan memoles kaca mobil sangat fatal, karena bisa-bisa kaca malah jadi buram.

Demikian tipsnya dalam merawat kaca mobil semoga bermanfaat untuk anda, temukan informasi menarik tentang sewa mobil solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar