Selasa, 24 Mei 2011

Menciptakan Gudang Di Rumah

Tumpukan barang yang jarang terpakai, membuat rumah sesak dan berkesan berantakan. Karena itulah gudang sangat dibutuhkan agar tak risih berada di rumah sendiri.Memang tak semua orang merasa wajib memiliki gudang di dalam rumahnya. Tapi jika Anda termasuk yang merasa perlu membuat gudang agar semua barang tersimpan pada tempatnya, berikut panduan supaya kehadiran gudang tak membuat Anda harus mengorbankan keberadaan ruang lain di dalam rumah, untuk itu perlunya perencanaan yang matang dalam renovasi rumah dan menambah gudang

Karena itu paling tidak ada empat hal yang harus dipenuhi untuk membangun gudang. Pertama, Anda diharapkan mengenali jenis barang yang akan mendominasi gudang. Ini penting karena berkaitan dengan letak, desain, dan material gudang. Setiap barang menuntut perlakuan berbeda. Bahan kimia membutuhkan sebuah ruang yang memiliki sirkulasi udara baik, tidak panas, dan tidak lembab. Benda seperti koper, kardus, dan kayu, memerlukan ruang penyimpanan yang lebih kering, lebih panas, serta bebas debu, tikus, juga serangga.

Kedua, Anda harus menentukan lokasi gudang. Sebenarnya gudang bisa berada di bagian manapun di rumah Anda. Tak harus di belakang rumah. Asalkan ruang tersebut tetap memenuhi aspek fungsinya. Untuk menentukan lokasi gudang, perlu dipertimbangkan aspek ketersediaan ruang, mudah terjangkau, mudah perawatan dan perbaikan, serta bebas hal-hal yang bisa merusak barang. Lokasi yang paling tepat untuk gudang Anda antara lain di bawah tangga, loteng, bawah tanah, atau plafon.

Ketiga, Anda harus memerhatikan unsur material. Umumnya material untuk gudang berupa dinding tembok dari bata merah atau batako yang berplester semen. Atau juga beton. Meterial dari kayu juga bisa dipilih termasuk material dari besi atau logam.

Keempat, Anda harus menentukan desain. Disarankan untuk memilih desain sederhana dan mengikuti bentuk ruang sisa yang digunakan. Yang pasti sirkulasi udara dan cahaya harus cukup.

Temukan info lebih lengkap seputa renvoasi rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar