Senin, 18 April 2011

Kemampuan Seorang Ibu Untuk Mengasuh Anaknya

Mengasuh anak diperlukan kesabaran yang sangat besar apalagi ketika anak masih kecil. Dalam mengasuh anak kebanyakan yang paling berperan adalah seorang ibu meskipun banyak juga orang yang lebih senang menggunakan jasa pengasuh anak karena si ibu tersebut bekerja. Karena memang mengasuh anak merupakan tanggung jawab ibu atau yang biasa diberi tugas adalah ibu. Kebanyakan ibu telah memiliki keterampilan dalam mengasuh anak tidak seperti ayah yang mungkin keterampilannya kurang. Keterampilan-keterampilan dalam mendidik anak tersebut adalah :

1. Keterampilan membagi waktu untuk anak Sebagai orang tua seharusnya kita bisa selalu dekat dengan anak kita, Karena anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tuanya. Kadang ada anak yang berbuat onar karena mungkin dia merasa sendiri. Jadi sebagai orang tua yang baik hendaknya kita dapat membagi waktu kita. Setidaknya kita sisihkan waktu kita untuk bersama-sama dengan anak dan istri kita walau Cuma sebentar.

2. Keterampilan menasihati anak Apabila anak melakukan suatu kesalahan biasanya tanggapan dari ayah dan ibu itu berbeda, kalau ibu itu cenderung menasihati sedangkan ayah cenderung memarahi. Padahal anak yang masih kecil itu kan tidak tahu apa-apa jadi alangkah baiknya orang tua jangan langsung memarahi apabila anak melakukan kesalahan. Karena akan lebih baik kalau anak kita beritahu dan kita nasihat agar dilain waktu tidak diulangi.

3. Keterampilan mengasuh anak Keterampilan ini biasanya sudah dimiliki oleh para ibu. Tapi alangkah baiknya kalau sang ayah pun sanggup melakukannya.

4. Keterampilan mendidik disiplin anak Dalam mendidik disiplin anak tidaklah perlu kekerasan. Cukup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik yang kita tanamkan sejak anak masih kecil seperti mengajak anak untuk solat bersamaan, menyuruh anak untuk selalu cuci tangan sebelum makan, membasuh tangan dan kaki sebelum tidur, dan menyikat gigi sebelum tidur. Sehingga dengan melakukannya setiap hari anak akan terbiasa melakukannya.

5. Keterampilan membentuk karakter anak Dalam membentuk karakter anak orang tualah yang paling berpengaruh, karena setiap tindakan dan kelakuan orang tua dapat ditiru oleh anak. Karena pada masa anak-anak, daya ingat seseorang akan lebih tajam. Sehingga kemungkinan besar orang yang berada disekitar anaklah yang akan mempengaruhi karakter anak tersebut.

Temukan lebih lengkap seputar jasa pengasuh anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar