Selasa, 05 April 2011

Janganlah Malas Untuk Mencuci Motor Sendiri

Musim hujaaaan.., buat yang tiap hari pulang pergi ke tempat aktivitas naik motor pasti sering mengeluh akhir-akhir ini. Motor selalu tampak dekil. Pagi dicuci, sore kena hujan, akhirnya kotor lagi. Setap hari hujan, setiap hari juga harus mencuci motor. Lalu muncullah perasaan malas, karena tampaknya melakukan hal yang sia-sia. Tapi tahukah kamu kawan? Mencuci motor itu adalah perawatan yang penting lho


Jadi kawan jangan malas cuci motor ya, anggap saja olah raga. Oya, untuk lebih mantap, cucilah motor sendiri, anggap saja penghematan. Ini dia tips-nya dan jgn lupa menyiapkan peralatan cuci motor terlebih dahulu sebelum memulai, simak ya:

1. Bilas semua bodi motor dengan air bersih sambil diusap dengan tangan agar kotoran turun.

2. Bilas dan semprot ke bagian bawah motor, seperti velg, knalpot, dll., agar kotoran dan pasir turun.

3. Setelah dibilas dengan air, gosoklah dengan sponge yang telah diberi air dan shampo motor. Gosok bagian bodi, fairing, kepala motor, dan jok.

4. Gosok bagian bawah motor dengan sponge yang lain. Gosok bagian velg, knalpot, mesin, cakram, dan ban motor. Oya setelah menggosok satu bagian, celupkan sponge pada air agar kotoran terbuang. Hal ini juga berlaku pada step ketiga.

5. Untuk membersihkan bagian mesin, sebaiknya gunakan kuas dengan air sabun agar dapat menjangkau sela-sela yang tidak dapat dijangkau sponge.

6. Setelah yakin semua kotoran terbuang kemudian bilas sambil diusap. Untuk bagian bawah cukup disemprot kencang dengan air.

7. Goyangkan setir untuk membuang air agar tidak membasahi bagian bawah yang sudah kering.

8. Gunakan kain pengering yang berbeda untuk mengeringkan bodi atas dan bagian bawah motor.

9. Bila ada, gunakan wax atau proteksi cat setelah motor benar-benar kering. Untuk ban, gunakan semir ban agar lebih mengkilat.

Kalau bersih maka motor akan lebih awet, kita pun akan nyaman memakainya. Jika motor sudah bersih, siap dipakai beraktivitas, selamat mencuci!

Temukan info lebih lengkap seputar peralatan cuci motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar