Selasa, 12 April 2011

Rumah Sudut Modern

Pada rumah sudut, seluruh komponen bangunan memiliki kesempatan sama besarnya untuk ditampilkan sebagai satu kesatuan desain yang menarik. Dinding ekspos batu bata, batu alam, bertekstur semen kamprot atau dicat dengan warna terang yang selektif dapat menambah aksen bangunan rumah sudut. Kejelian si arsitek untuk menempatkan menara berisi tangga ruang dalam secara tepat akan membuat rumah sudut tampil kokoh dan menonjol.

Rumah sudut memiliki kemudahan akses pintu masuk. Bagi yang percaya feng shui, pemilik rumah biasanya lebih memilih rumah dengan pintu masuk satu arah dari depan atau samping saja karena hal itu berkaitan dengan kepercayaan akan besarnya pemasukan dan pengeluaran rezeki si penghuni rumah. Bagi yang tidak percaya, rumah tetap disediakan dua pintu masuk dari depan dan samping. Pintu depan untuk tamu dan pintu samping rumah biasanya langsung menuju ke carport atau garasi mobil.

Rumah sudut dengan taman yang luas tentu sangat selaras dengan alam karena memberikan peluang besar bagi penataan dan renovasi rumah serta taman dan tanaman yang menyatukan seluruh ruangan dan bangunan rumah itu sendiri dengan lingkungan sekitar. Ruang dalam rumah dengan bukaan pintu, jendela, ventilasi, dan skylight yang lebar ke arah luar akan menyatukan suasana alami rumah secara keseluruhan. Penyelesaian lantai dan dinding yang senada ruang luar dan dalam serta bukaan jendela yang lebar justru seolah mengundang ruang luar masuk atau sebaliknya sehingga rumah terasa lega dan luas.

Untuk menjamin kelancaran sirkulasi udara dan cahaya ke dan dari dalam ruang, rumah harus tetap menyediakan teras dan taman belakang. Taman dapat dimanfaatkan sebagai sumur resapan air dan tempat nongkrong keluarga. Gemericik air mancur dan kehadiran kolam ikan berukuran kecil hingga sedang yang dilengkapi tanaman teratai akan memberikan pengalaman nuansa alami di teras dan ke dalam ruangan.

Temukan lebih banyak info seputar renovasi rumah sudut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar