Senin, 07 Februari 2011

Cara Merawat Capasitor Bank Pada Audio Mobil





Secara umum fungsi kapasitor bank adalah untuk menjaga seluruh system yang berhubungan dengan listrik. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat menjadi panduan bagi pemilihan dan perawatan kapasitor bank agar audio mobil Anda awet dan bagus tarikan suaranya.

* Kapasitor bank berfungsi membantu mengurangi gejala penuruna daya, sehingga komponen audio yang membutuhkan aliran listrik besar dapat terakomodir secara intens dan tidak fluktuatif.
* Soal perbedaan ukuran kapasitor bank sangat tidak mutlak. Artinya,tinggal menyesuaikan tingkat kebutuhan saja. Selanjutnya di sarankan agar menghindari pemakaian kapasitor bank bekas, karena disinyalir salah satu factor meledaknya mobil berawal dari kapasitor bank yang sudah tidak layak pakai.
* Pemilihan kapasitor bank harus disesuaikan dengan power yang diperlukan. Misalnya saja yang berkapasitas 1 farad dapat memadai power yang berkekuatan di atas 500 watt. Artinya kapasitas power seimbang dengan kapasitas yang ada.
* Dalam hal pemasangan kapasitor bank, ada hal yang perlu diperhatikan. Sebisa mungkin jarak antara kapasitor bank dengan power harus berdekatan yakni sekitar 10 cm dari power atau komponen lain yang saling terkait.
* Untuk urusan pemasangan kapasitor bank, perhatikan pula saat pemasangannya. Kapasitor yang telah disambungkan pada aki yang disandingkan dengan alat pemutus hubungan arus atau sikring. Fungsinya untuk menghindari korsleting pada semua komponen yang berdekatan, sehingga tidak terjadi shock pada instrument lainnya.
* Lalu tahapan selanjutnya adalah memelihara dan merawat piranti ini. Mudah saja, saat Anda tidak lagi membutuhkan kapasitor bank pada instalasi audio, maka hal yang perlu dilakukan adalah membuang isi (liquid) yang ada di dalam tabung kapasitor bank. Hal itu diperlukan mengingat system kerjanya adalah mengisi sendiri saat ada aliran listrik yang mensuplainya atau discharged. Andaikan cairan tidak dibuang saat akan disimpan, setrum yang ditinggalkannya akan mempercepat proses kerusakan pada komponen yang ada dalam kapasitor bank.

Nah, jika kapasitor bank dapat terawat dengan baik dan terjaga kondisinya, dapat dipastikan alunan suara dari audio anda tidak akan terganggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar