Selasa, 11 Januari 2011

Fokus Utama Dalam Desain Grafis




Disain Grafis walaupun  tampaknya serupa, namun memiliki banyak tujuan yg berbeda. Yg paling mudah adalah disain grafis yg hanya bersifat untuk seni atau keindahan, ada juga yg ditujukan untuk mendukung bisnis.

Belajar Desain grafis itu mudah. Desain grafis tidak memberatkan. Karena di dalam desain grafis cuma terdapat 3 unsur pembelajaran yaitu:

1. Ketrampilan teknis

2. Kepekaan estetik dan

3. Pengetahuan komunikasi visual

Ke tiga unsur di atas ini sebaiknya dipelajari secara bertahap yaitu mengetahui teori-teori dasar lalu praktek. Jadi pada saat masuk ke tahap praktek mendesain “otak” ga blank, karena teorinya sudah nancep duluan di otak. Jadi pas ada masalah bisa nyambung.

Teori-teori dasar yg sebaiknya diketahui bagi pemula adalah:

1. Mengetahui apa itu komunikasi visual atau desain grafis.

2. Mengetahui dasar-dasar estetika (garis, bentuk dan warna) melalui nirmana.

3. Mengetahui dasar-dasar makna warna

4. Mengetahui dasar-dasar tipografi (huruf).

5. Mengetahui dasar-dasar tata letak / lay out.

Kalau dasar-dasar desain grafis di atas sudah di lewati baru masuk ke tahap praktek dgn menggunakan tools (software desain seperti adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Adobe in design, dan sebagainya. Dalam menggunakan sotware ini kita langsung praktek menerapkan teori-teori dasar di atas ke dalam sebuah desain,

Contohnya mendesain brosur. Tidak semua software digunakan, kita bisa pilih salah satu atau salah dua, freehand dgn photoshop atau illustrator dgn photoshop.Tapi yg jelas yg paling penting penguasaan desainnya meskipun penguasaan software juga penting. Kalau kemampuan desain adanya kan di otak kita, ya kan. Ini lebih langgeng,tapi kalau mau yg lebih singkat lagi,tak ada salahnya anda mengikuti kursus desain

sumber: www.arusty.com
Temukan Info Lain Seputar Desain Grafis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar